Selain CVR, Penyelam Temukan Bagian Tubuh Korban Lion Air PK-LQP

Senin, 14 Januari 2019 19:20 Reporter : Merdeka
Selain CVR, Penyelam Temukan Bagian Tubuh Korban Lion Air PK-LQP Begini Penampakan VCR Pesawat Lion Aor JT 610. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Tim penyelam TNI Angkatan Laut tidak hanya berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat Lion Air PK-LQP.

Menurut Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, pihaknya juga menemukan bagian tubuh atau part of body yang sudah berbentuk tulang-belulang.

"Kami angkat ada sisa-sisa bagian tubuh jumlahnya 7 kilogram. Kami sudah dibungkus," kata Harjo, Senin (14/1).

Harjo mengatakan, untuk temuan CRV akan diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT). Sementara, bagian tubuh diserahkan ke Manajemen Lion Air.

"Kami berikan ke pihak berwenang. Untuk bagian tubuh akan di serahkan ke pihak Lion Air. Supaya segera di berikan ke Tim DVI Mabes Polri. Bila memungkinkan ada yang terindentifikasi segera diserahkan keluarga," ujar dia

CVR ditemukan sekira pukul 08.40 WIB Oleh Pusat Hydrography TNI AL (PUSHIDROSAL), Dinas Operasi Survey dan Pemetaan TNI AL (DIROPSSURTA), Dunas Penyelamalan Bawah Air (DISLAMBAIR) dan Satuan Pasukan Kalak (SATPASKA). Operasi ini menggunakan peralatan yang ada di KRI SPICA seperti, magnetometer, side scan sonar, multi beam sonar, alat penyedot Iumpur di tambah dengan alat KNKT Remotely Opemted Vehicle (ROV) dan ULB locator.

"KRI SPICA berangkat dari Jakarta International Container Terminal (JICT) pada hari Selasa tanggal 8 Januari 2019, dengan keseluruhan personel sebanyak 84 terdiri dari 55 awak kapal, 3 spesialis dari PUSHIDROSAL, 18 penyelam dari DISLAMBAIR dan SATPASKA, dan 8 personel KNKT. Operasi ini bertujuan untuk mencari CVR dan jenazah," kata Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini