Sekuriti di Pelabuhan Semayang Balikpapan ditangkap usai diduga pungli sopir truk

Sabtu, 8 September 2018 02:03 Reporter : Saud Rosadi
Sekuriti di Pelabuhan Semayang Balikpapan ditangkap usai diduga pungli sopir truk ilustrasi borgol. © flagstaff-lawyer.com

Merdeka.com - Tim saber Pungli Polres Balikpapan, menangkap salah seorang sekuriti pelabuhan Semayang, Balikpapan. Sekuriti itu ditangkap setelah diduga memungut biaya Rp 50 ribu kepada sopir truk yang akan melakukan bongkar muat di pelabuhan. Kasus itu sedang didalami kepolisian.

Operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan Kamis (6/9) kemarin. Sebelumnya, tim Saber lebih dulu mengamati situasi, di pelabuhan. Terpantau, ada petugas yang memungut karcis masuk pelabuhan.

Belakangan diketahui, sesuai aduan sopir truk sebelumnya, tidak jarang dimintai uang masuk pelabuhan Rp 50 ribu, tanpa disertai karcis resmi tarif masuk areal pelabuhan. Petugas lantas bergegas mengamankan sopir truk, setelah kembali meminta uang diduga pungli, kepada sopir truk.

"Benar, kemarin ada kita amankan oknum sekuriti di pelabuhan, terkait dugaan pungli," kata Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Firta, dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (7/9).

Wiwin mengatakan, sekuriti itu diduga melakukan pungutan Rp 50 ribu kepada sopir truk, yang masuk ke dalam pelabuhan Semayang, tanpa disertai tanda bukti karcis. "Itu (pungutan) kepada sopir truk yang masuk ke dalam pelabuhan, untuk melakukan bongkar muat," ujar Wiwin.

Petugas polisi langsung membawa sekuriti itu menuju Polres Balikpapan untuk dimintai keterangan. Dikabarkan, tim Saber mengamankan uang sekitar Rp 450 ribu, diduga dari hasil pungutan itu.

"Maaf, saya sedang rapat. Nanti koordinasi (perihal) data, dengan Kasat Reskrim ya," kata dia. [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini