Salinan dokumen TPF kematian Munir segera diserahkan SBY buat Jokowi

Selasa, 25 Oktober 2016 18:37 Reporter : Anisyah Al Faqir
Salinan dokumen TPF kematian Munir segera diserahkan SBY buat Jokowi demo munir di aceh. ©2015 merdeka.com/afif

Merdeka.com - Menteri Sekertaris Negara masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sudi Silalahi mengatakan memiliki salinan dokumen hasil laporan tim pencari fakta (TPF) kasus kematian aktivis HAM Munir Said Thalib. Salinan dokumen tersebut akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

"Copy dari dokumen ini akan kami kirim ke Bapak Presiden Rl melalui Menteri Sekretaris Negara untuk digunakan sebagaimana mestinya," terang Sudi di kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/10).

"Kami para mantan anggota KIB (Kabinet Indonesia Bersatu) terkait, akan terus mencari di mana naskah-naskah tersebut disimpan," tambahnya.

Sudi menceritakan, saat masa pemerintahan berakhir, SBY telah menyerahkan sejumlah dokumen negara dianggap penting selama 10 tahun. Sejumlah dokumen dari Istana negara itu dibawa dengan truk untuk diberikan kepada lembaga kepresidenan dan Arsip Nasional Republik lndonesia (ANRI).

"Namun perlu dicari apakah laporan TPF Munir tersebut termasuk di dalamnya," ucap Sudi.

Sejak keberadaan dokumen tersebut dinyatakan tak ada Presiden SBY langsung bergegas mengumpulkan sejumlah pejabat terkait untuk mencari tahu keberadaannya. Selama dua minggu tersebut akhirnya didapatkan salah satu anggota KIB berupa copy naskah laporan TPF tersebut. Namun, tidak disebutkan laporan TPF tersebut didapatkan dari siapa dan di mana.

"Setelah kami lakukan penelitian, termasuk melibatkan mantan Ketua dan anggota TPF Munir, diyakini bahwa copy tersebut sesuai dengan naskah aslinya," terangnya. [ang]

Topik berita Terkait:
  1. Presiden SBY
  2. Kasus Munir
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini