Sail Sabang buat perekonomian warga menggeliat

Minggu, 3 Desember 2017 21:11 Reporter : Hery H Winarno
Sail Sabang buat perekonomian warga menggeliat Kemeriahan Sail Sabang. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Sail Sabang 2017 yang dihelat di Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam sukses membetot perhatian turis. Sail kali inipun membuat perekonomian kota di ujung barat Indonesia ini menggeliat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Aceh, Reza Pahlewi dalam wawancara dengan merdeka.com di Pantai Iboih, Kota Sabang, Minggu (3/12).

"Kita bisa melihat Sabang dalam beberapa hari ini cukup ramai. Perekonomian warga meningkat. Hotel-hotel penuh. Para penjual juga penuh pengunjung. Dampaknya cukup signifikan sekali Sail Sabang ini bagi perekonomian warga," ujar Reza.

Saking suksesnya event ini, Pemprov Aceh dan Pemkot Sabang bakal menggelar acara festival serupa tiap tahunan. Diharapkan festival semacam ini bisa berlanjut di Kota Sabang untuk menggaet wisatawan baik asing maupun domestik.

"Harapannya event semacam ini terus berlanjut meskipun nanya bukan Sail Sabang, tetapi kita ingin membuat event semacam ini berjalan setiap tahun sebagai pengembangan wisata bahari di Sabang," terangnya.

Sejak sepekan ini Kota Sabang memang meriah. Jalan, taman hingga kedai kopi padat turis. Hotel, losmen, hingga homestay juga penuh. Jasa rental mobil hingga kedai kopi juga ikut kebanjiran order.

Sebanyak 1.220 kamar hotel di Kota Sabang Aceh sudah penuh dipesan tamu saat perhelatan nasional Sail Sabang mulai 28 November hingga 5 Desember 2017.

Panitia Sail Sabang Seksi Akomodasi, Daud menyampaikan sebanyak 1.220 kamar hotel yang ada di seluruh kepulauan paling ujung barat Indonesia sudah dipesan untuk para tamu undangan Sail Sabang 2017.

Bahkan 1.220 kamar hotel di Kota Sabang sudah di-booking jauh-jauh hari. "Untuk tamu undangan Sail Sabang, semua kamar hotel penuh," kata mantan Asisten II Pemerintah Kota Sabang itu.

Menurutnya, Panitia Sail Sabang telah mendata semua pelaku usaha homestay dan selanjutnya kamar itu akan ditawarkan kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke Sabang selama perhelatan tahunan nasional itu.

"Semua kamar hotel dipastikan sudah penuh dan wisatawan yang datang ke Sabang akan kami tawarkan menginap di homestay atau rumah-rumah warga yang disewakan," katanya. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sail Sabang
  3. Sabang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini