Rumah Masa Kecil Tjahjo Kumolo, Ada Ruangan Khusus Penghargaan

Jumat, 1 Juli 2022 18:10 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Rumah Masa Kecil Tjahjo Kumolo, Ada Ruangan Khusus Penghargaan Rumah Masa Kecil Tjahjo Kumolo. ©2022 Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Rumah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo di Jalan Citarum Utara No.16 Semarang masih ditempati keponakannya bernama Adrin Rachmatsyah (27).

Meski ditempati setiap harinya, dia tidak pernah menjamah satu ruangan milik Tjahjo Kumolo. Sebab, ruangan itu seringkali dikunci karena memiliki banyak barang berharga.

"Banyak barang berharga soalnya. Jadi kami sebagai pemilik rumah tidak pernah melewati ruangan ini. Seringnya lewat samping. Sekarang yang tinggal di sini bapak saya adik ipar Pak Tjahjo," kata Adrin Rachmatsyah.

Di rumahnya terdapat satu ruangan terdapat banyak barang milik menteri PAN-RB itu.

"Ada penghargaan, patung, lukisan lalu juga motor klasik. Terus ada juga buku, ibuku satu rak lemari," terangnya.

Saat ditanya terakhir bertemu sosok Tjahjo Kumolo, ia mengaku baru sebulan yang lalu. Selain itu, ia menyebut jika Tjahjo hanus pulang saat 3 bulan atau 4 bulan sekali.

"Tidak pasti. Soalnya kita tahu sendiri di sana beliau sibuk," jelasnya.

Beliau, semasa kecil menempuh ilmu dari SD hingga masa kuliah dan tinggal di Jalan Citarum Utara No 16, Kecamatan semarang Timur, Kota Semarang.

Sekadar informasi, Kota Semarang menjadi tempat Tjahjo Kumolo untuk menimba ilmu. Mulai pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga lulus dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip).

Karir politik yang dijalani Tjahjo Kumolo tak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan kedua orangtuanya. Dimana pada era Orde Baru, kedua orang tua Tjahjo Kumolo merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kemudian, pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Tjahjo Kumolo dipercaya untuk menduduki posisi menteri. Pada 2014-2019 lalu, kader PDIP itu diamanahi jabatan Menteri Dalam Negeri Indonesia.

Mendekati masa akhir jabatannya, Tjahjo Kumolo juga sempat menjadi Pelaksana Tugas Menteri Hukum dan Asasi Manusia sebelum kemudian dilantik sebagai Menteri PAN-RB pada 23 Oktober 2019.

Baca juga:
Momen Terakhir Surya Paloh Bertemu Tjahjo Kumolo di Solo
Tjahjo Kumolo Meninggal, AHY: Jasa-jasanya untuk Negara akan Selalu Terkenang
Sejumlah Tokoh Melayat ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo
Presiden Jokowi Kenang Tjahjo Kumolo: Tokoh Teladan dan Nasionalis Sejati
Usai Disalatkan di KemenPAN-RB, Jenazah Tjahjo Kumolo Dimakamkan di TMP Kalibata
Wapres Ma'ruf Amin Hingga Menteri Kabinet Salatkan Jenazah Tjahjo Kumolo
Mengintip Persiapan TMP Kalibata Jelang Pemakaman Tjahjo Kumolo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini