Ridwan Kamil Minta Polisi Cari Peserta di 4 Acara yang Terpapar Corona

Jumat, 27 Maret 2020 06:04 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil Minta Polisi Cari Peserta di 4 Acara yang Terpapar Corona Gubernur Jabar Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat]menetapkan empat klaster acara sumber sebaran virus Corona (Covid-19) di Jawa Barat.

Mereka bekerjasama dengan Polda untuk melacak para peserta agar mau diperiksa tes kesehatannya. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan terus melakukan rapid test terhadap orang-rang yang berpotensi terpapar virus, termasuk para peserta yang menghadiri acara yang masuk dalam klaster.

Sadar bahwa sulit dicari dan dideteksi, ia meminta Polda Jawa Barat untuk membantunya melakukan penelusuran. Bahkan kalau perlu, para peserta yang tidak sukarela diperiksa bisa masuk daftar pencarian orang (DPO).

"Iya (pemeriksaan maraton) saya titip ke pak Kapolda dicari orangnya rada (agak, red) dipaksa dengan DPO," kata dia di Gedung Sate Bandung, Kamis (26/3). Sejauh ini, sudah ada peserta seminar yang ditemukan dan bakal segera mengikuti masif tes.

Adapun peserta tersebut dipastikan berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan masuk dalam Kategori A jika merujuk pada penggolongan masif tes. "Dibantu oleh kepolisian kita sudah menemukan mereka yang ikut seminar untuk segera dilakukan masif tes," terangnya.

1 dari 1 halaman

4 Klaster

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan bahwa empat klaster tersebut adalah acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jabar di Swiss Belhotel, Kabupaten Karawang.

Acara yang digelar pada 8-10 Maret itu dihadiri sekitar 400 peserta asal Jawa Barat. Dalam acara tersebut ada tujuh orang terpapar virus Corona, di antaranya Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Kemudian, Acara Seminar Bisnis Syariah di hotel kawasan Sentul, Kabupaten Bogor yang dihelat 25-28 Februari.

Para pesertanya datang dari berbagai daerah. Salah satu peserta asal Solo, Jawa Tengah positif corona dan meninggal dunia, Rabu (10/3) lalu. Klaster ketiga adalah acara Persidangan Sinode Tahunan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) yang diselenggarakan 26-29 Februari di Kota Bogor.

Sedangkan klaster keempat adalah acara seminar keagamaan Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Hotel Asri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan tersebut digelar pada 3-5 Maret 2020. Informasi yang diterima Ridwan Kamil, acara tersebut dihadiri oleh dua ribu orang dibagi empat sesi. [rnd]

Baca juga:
Dampak Corona, Warga Miskin di Jabar akan Dapat Bantuan Uang dan Sembako
Tes Kedua, Ridwan Kamil Pastikan Negatif Virus Corona
Pemprov Jabar Bahas Wacana Lockdown dengan Pemerintah Pusat
Kang Emil: Semoga Pak Jokowi dan Keluarga Diberi Ketabahan dan Kekuatan
Cegah Corona, Ridwan Kamil Minta Warga Jabar Tinggal di Jakarta Jangan Mudik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini