Rayakan 1 Sura, Jolen Dilarung di Pantai Srandil Cilacap

Minggu, 1 September 2019 11:31 Reporter : Abdul Aziz
Rayakan 1 Sura, Jolen Dilarung di Pantai Srandil Cilacap Larung jolen di Cilacap. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sepasang jolen berkepala naga dilarung di Pantai Srandil, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Minggu (1/9). Jolen berisi buah dan sayuran bagian dari puji syukur Paguyuban Penghayat Kepercayaan Cahya Buwana peringati satu Sura.

Para penghayat yang terlibat kurang lebih 300 orang dari berbagai daerah. Mereka berkumpul di padepokan Mandalagiri Srandil lantas berjalan kaki sejauh 3 Km ke pantai Srandil.

Penghantaran larung jolen berciri multikultural. Barisan penghayat berbusana Jawa diiringi tarian barongsai dan kenthongan (musik dari bambu).

Ketua Yayasan Cahya Buwana, RT Budhiyanto Hermawan mengatakan larung jolen sebagai puji syukur terhadap kehidupan dan simbol bakti pada Tuhan. Larung jolen khusus diadakan tiap tahun pada 1 sura yang merupakan awal tahun dalam penanggalan Jawa.

"1 Sura jadi sarana untuk merenung dan introspeksi berbagai hal yang telah terjadi selama setahu," kata Budhiyanto, Minggu (1/9).

Perayaan 1 Sura di padepokan Mandalagiri Srandil bagi penghayat Cahya Buwana melewati sejumlah prosesi. Prosesi diawali pembukaan sendang pada Jum,at (30/1) tepat jam 24.00 WIB. Pada Sabtu (31/1) dilangsungkan kesenian rakyat sebagai bagian tradisi lek-lek'an (terjaga) menyambut malam 1 Sura.

"Puncaknya larung jolen di pantai selatan untuk Kanjeng Ratu Kidul Sekaraning Jagat," kata Budhiyanto. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini