Puncak Arus Mudik di Tol Cikampek Diprediksi pada 31 Mei

Senin, 27 Mei 2019 21:24 Reporter : Adi Nugroho
Puncak Arus Mudik di Tol Cikampek Diprediksi pada 31 Mei kemacetan parah di ruas Tol Cikampek. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - PT Jasa Marga Tbk Cabang Jakarta-Cikampek memprediksi puncak arus mudik di ruas jalan tol yang dikelolanya terjadi pada H-5 lebaran atau 31 Mei di akhir pekan ini. Jumlah lalu lintas kendaraan yang masuk melalui GT Cikampek Utama diperkirakan meningkat sampai 181 persen dari normalnya.

GM Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman mengatakan, pada puncak arus mudik diprediksi ada 90 ribu kendaraan dari Jakarta jika diterapkan oneway dari kilometer 69. Adapun lalin normalnya sebanyak 27 ribu kendaraan.

"Relokasi gerbang tol Cikarang Utama di kilometer 29 ke Cikampek Utama di kilometer 70 bagian dari strategi mengurai kepadatan pada saat arus mudik," kata Raddy.

Sebab, kata dia, kapasitas gerbang tol Cikarang Utama dinilai tidak memadai akibat adanya pembangunan pier Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated. Sebab, keberadaan kontruksi berupa tiang pancang berdampak pada berkurangnya kapasitas transaksi dimana harus menutup enam gardu operasi.

"Tersambungnya Jalan Tol Trans Jawa berdampak peningkatan hingga 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sehingga kapasitas GT Cikarang Utama tidak dapat menampung volume kendaraan tersebut," kata dia.

Sementara itu, GT Cikampek Utama telah resmi dioperasikan sejak 23 Mei lalu. Menurut dia, tiga hari dioperasikan GT Cikampek Utama telah diidentifikasi. Terjadinya kepadatan di hari pertama operasi adanya peningkatan kendaraan golongan non 1, dan banyaknya kendaraan kekurangan saldo e-toll akibat perubahan sistem transaksi.

"Hal ini sudah dievaluasi, kami optimis arus mudik bisa berjalan dengan lancar," ucap dia. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini