Puluhan Lapak PKL Pasar di Tasikmalaya Terbakar, Ada Ledakan Tabung Gas

Minggu, 8 September 2019 23:20 Reporter : Mochammad Iqbal
Puluhan Lapak PKL Pasar di Tasikmalaya Terbakar, Ada Ledakan Tabung Gas ilustrasi kebakaran. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Puluhan lapak pedagang kaki lima di Pasar Cikurubuk, Kelurahan Linggaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Minggu (8/9) terbakar. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti dan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.

Kapolsek Mangkubumi, Ipda Agus Predi mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi kebakaran dari warga di sekitar lokasi kebakaran. Pihaknya langsung berkomunikasi dengan pemadam kebakaran dan BPBD Kota Tasikmalaya.

"Kita juga langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengamanan dan penyelidikan. Dugaan awal api muncul dari percikan listrik yang korslet yang kemudian memunculkan api. Api itu meledakkan tabung gas dan membakar lapak," ujarnya.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan pihaknya, kata Agus, terdapat 13 lapak PKL yang terbakar. Namun ia menyebut bahwa lapak tersebut bukanlah bangunan utama karena posisinya berdiri di luar kawasan Pasar Cikurubuk.

Sementara itu, Kepala Bidang Damkar pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kota Tasikmalaya, Mulyono menyebut bahwa saat pihaknya tiba di lokasi kebakaran api sudah cukup besar. "Untuk memadamkan kita turunkan satu mobil pemadam bersama satu truk tangki air.

"Api akhirnya bisa dipadamkan setelah sekitar satu jam dari awal kejadian. Kita lakukan pemadaman menyeluruh sampai proses pendinginan. Kita sempat melakukan pengecekan pada seluruh bagian kayu. Jika ditotal luas yang terbakar itu di sekitar 30x8 meter, atau sekitar 20 lapak PKL habis terbakar. Penyebabnya belum diketahui pasti, begitu juga jumlah kerugiannya," ungkapnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini