Puluhan Buku Nikah di KUA Ngrampal Sragen Raib Dicuri

Selasa, 3 Desember 2019 00:07 Reporter : Arie Sunaryo
Puluhan Buku Nikah di KUA Ngrampal Sragen Raib Dicuri buku nikah. ©jatim.kemenag.go.id

Merdeka.com - Kasus pencurian buku nikah kembali terjadi di Kantor Urusan Agama (KUA) Sragen, Jawa Tengah. Setelah 300 atau 150 pasang buku nikah di KUA Kecamatan Masaran, Oktober tahun lalu, kini 79 buku nikah di KUA Kecamatan Ngrampal juga raib pada Minggu (1/12) pagi.

Pjs Kasubbag Humas Polres Sragen, AKP Suharno membenarkan adanya kejadian tersebut. Pihaknya menduga, buku-buku tersebut sengaja dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

"Jadi pencuri ini masuk kantor KUA Ngrampal dengan cara merusak pintu belakang. Setelah masuk, pelaku membawa pergi 79 buku nikah yang ada di dalam ruangan," ujar Suharno, Senin (2/12).

Hilangnya puluhan buku nikah tersebut, kata Suharno, pertama kali diketahui oleh petugas kebersihan Suparno (46). Saat itu ia hendak membersihkan ruangan kantor KUA. Setiba di lokasi, Suparno melihat pintu belakang kantor rusak.

"Suparno kemudian lihat ke belakang. Satu kursi plastik biru terlihat ada di pinggir tembok. Kursi itu diduga digunakan pelaku untuk memanjat," terangnya.

Lebih lanjut Suharno menjelaskan, dari 79 buku nikah tersebut, 25 buku nikah asli dengan nomor seri 0869826 hingga 0869850. Sedangkan 40 buku nikah duplikat dengan nomor seri 1885961 hingga 1886000. Dan 14 lainnya merupakan buku nikah yang telah diisi oleh staf KUA Ngrampal.

"Kami masih melakukan pengejaran terhadap pelaku pencurian buku nikah KUA Ngrampal. Kami mengimbau kalau ada yang mengetahui segera melaporkan ke polisi," pungkas dia. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini