Puan: Sikap Indonesia dari era Bung Karno konsisten dukung Palestina

Kamis, 7 Desember 2017 18:33 Reporter : Eko Prasetya
Menko PMK. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengecam keras keputusan sepihak Pemerintah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Selain itu, AS juga akan memindahkan Kantor Kedutaan Besarnya ke kota bersejarah itu.

"Keputusan Pemerintah Amerika Serikat itu jelas sangat mengecewakan kita semua," jelas Menko Puan, Kamis, (7/12).

Selanjutnya, Menko Puan menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia konsisten dan akan terus memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina. "Sikap Pemerintah Indonesia terhadap Palestina sudah jelas dari masa Pemerintahan Bung Karno hingga sekarang (Joko Widodo) yaitu tetap konsisten mendukung kemerdekaan penuh bagi Bangsa Palestina," tegas Menko Puan.

Putri Megawati ini mengkhawatirkan keputusan Pemerintah Amerika Serikat ini akan memantik ketegangan baru di wilayah Timur Tengah. Menko Puan juga berharap agar masyarakat Indonesia mempercayakan penyelesaian konflik ini kepada pemerintah.

"Pemerintah Indonesia akan terus konsisten mendukung kemerdekaan Bangsa Palestina," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari ini secara resmi mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dalam pidatonya di Gedung Putih. Penyataan Trump itu pun menuai kecaman di penjuru dunia, termasuk Indonesia.

[eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.