Polisi Selidiki Akun Medsos Penyebar Hoaks dan Provokatif Kasus Wiranto

Jumat, 11 Oktober 2019 21:09 Reporter : Merdeka
Polisi Selidiki Akun Medsos Penyebar Hoaks dan Provokatif Kasus Wiranto Brigjen Dedi Prasetyo. ©2018 Liputan6.com/Nafiysul Qodar

Merdeka.com - Dit Siber Bareskrim Polri sedang menyelidiki akun yang menyebarkan berita hoaks dan provokatif pascapenusukkan yang dialami Menko Polhukam Wiranto. Seorang terduga teroris berinisial SA alias Abu Rara dibantu istrinya, menyerang Wiranto saat kunjungan kerja di Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10).

Dedi menyangkal salah satu narasi disebarkan oleh akun Facebook Suryadi Sd. "Informasi yang disampaikan akun tersebut tidak benar. Dan Ditsiber sedang mendalami penyebar berita hoaks tersebut," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jumat (11/10).

Dedi menjelaskan, Dit Siber Bareskim terus melaksanakan patroli siber. Sejauh ini, beberapa akun di Facebook dan Twitter telah terdeteksi.

"Kami sudah menemukan akun-akunnya. Lagi didalami tentunya kalau sudah menemukan perbuatan melawan hukum tentunya kami akan melakukan penegakan hukum," ucap Dedi.

Menurut Dedi, akun-akun tersebut sengaja menyebarkan berita hoaks untuk mempengaruhi opini masyarakat.

"Yang main bukan logika. Mereka (penyebar hoaks) mau mainin emosinya," ujar dia.

Seperti yang dilihat, akun-akun Facebook Suryadi Sd memposting lima foto. Salah satunya tangkapan berupa potongan video yang menampilkan Menko Polhukam Wiranto.

Tak cuma itu, akun tersebut juga memposting foto menantu Wiranto saat di pemakaman yang disandingkan dengan foto terduga teroris.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini