Petani Ngawi ingin Gus Ipul-Puti permudah bantuan sarana pertanian

Jumat, 8 Juni 2018 23:10 Reporter : Arif Ardlyanto
Silaturrahmi dengan tim relawan pasangan calon Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno di Dusun Dep. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Petani Kabupaten Ngawi berharap pasangan calon (Paslon) Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno membawa perubahan di bidang pertanian. Mereka ingin ada upaya untuk mempermudah saran pertanian bagi warga.

"Kami ingin bantuan sarana untuk petani lebih dipermudah kalau Gus Ipul dan mbak Puti jadi Gubernur dan Wakil," kata Purnomo perwakilan kelompok Tani Desa Manguharjo, Kabupaten Ngawi, Jumat (8/6).

Purnomo mengatakan, selama ini program pemerintah di bidang pertanian berupa bantuan yang digelontorkan dinilai banyak yang salah sasaran. Bahkan ada kesan bantuan yang diberikan kurang bermanfaat untuk memberdayakan petani secara keseluruhan. Untuk itu, perlu ada perubahan cara dalam pemberian bantuan.

"Bantuan yang diberikan pemerintah selama ini kurang bermanfaat dan tidak bisa dimanfaatkan. Padahal menyerap anggaran miliaran rupiah," ujarnya.

Persoalan ini, ungkap Purnomo sebenarnya sudah memberikan masukan saat pertemuan dengan pejabat-pejabat terkait, agar program untuk kesejahteraan petani dengan anggaran pertanian yang begitu besar tidak digunakan untuk subsidi biaya produksi.

Silaturrahmi dengan tim relawan pasangan calon Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno di Dusun Dep 2018 Merdeka.com

Sebaiknya lanjut dia, bantuan diberikan untuk biaya hasil produksi. Karena untuk produksi seperti beli pupuk dan alat petani sudah mampu membelinya.

Keingin mendapatkan bantuan teoat sasaran juga diinginkan Murtono. Petani dari perwakilan kelompok tani Kwadungan juga berharap agar bantuan bantuan dari pemerintah itu tepat sasaran dan transparan. "Bantuan alat pertanian sampai sekarang tidak tahu kemana tempat menyimpan dan diberikan pada siapa," katanya.

Keluhan petani ini diutarakan dalam acara silaturrahmi dengan tim relawan pasangan calon Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno di Dusun Depok RT 01/05 Desa Mangunharjo, Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Melihat fakta itu, tim relawan menyatakan bahwa Gus Ipul-Puti berkomitmen untuk memperjuangkan nasib petani.

"Gus Ipul bukan orang yang suka ingkar janji. Saat jadi Wagub Jatim sudah terbukti Gus Ipul peduli terhadap petani. Program-programnya rel berpihak dan menyentuh petani," kata Syaiful Arif, anggota tim relawan Gus Ipul-Mbak Puti wilayah Mataraman.

Syaiful mengajak petani tidak ragu-ragu untuk mendukung dan memilih pasangan Gus Ipul- Puti pada Pilgub Jatim 27 Juni nanti. Menurut dia, kalau petani kompak mendukung dan nanti Gus Ipul-Mbak Puti terpilih, maka pasti akan diperhatikan aspirasinya.

Silaturrahmi dengan tim relawan pasangan calon Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno di Dusun Dep 2018 Merdeka.com

Saat ini, ungkap dia, banyak warga masyarakat yang mash apatis dengan pilkada. Bahkan tidak jarang mengharap imbalan materi jika ada ajakan mendukung calon tertentu. Namun, relawan Gus Ipul-Puti menegaskan tidak ada materi dalam kampanye, pasangan nomor urut dua ini hanya memberikan program untuk membangun Jatim ke depan.

"Kita tidak memberikan apa-apa, yang dimiliki adalah program ya itu saja yang disampaikan ke masyarakat," tegas dia.

Perlu diketahui, gerakan dukungan ke Gus Ipul oleh petani terus bergulir dan tak bisa dibendung, mulai Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi dan Pacitan. Dari temuan-temuan itu, nantinya langsung disampaikan kepada Gus Ipul-Puti untuk dijadikan sebuah komitmen ke depan. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini