Pesawat latih dengan copilot Erix Soekamti jatuh karena kerusakan mesin

Selasa, 4 September 2018 21:36 Reporter : Purnomo Edi
Pesawat latih dengan copilot Erix Soekamti jatuh karena kerusakan mesin Ketua Jogja Flying Club Tjandra Agus Budiman. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Sebuah pesawat latih berjenis microlight dengan tipe Sky Ranger PK S160 jatuh di Dusun Gading 1, RT 12/RW 01, Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (4/9). Pesawat latih yang terbang dari Lanud Adisutjipto ini jatuh di pekarangan warga sekitar 16.00 WIB.

Ketua Jogja Flying Club Tjandra Agus Budiman mengatakan pesawat berwarna merah dan kuning itu berisi pilot bernama Faslan Havisha (27) dan Erik Kristianto atau dikenal dengan nama Erix Soekamti. Erix Soekamti sendiri adalah vokalis dan bassist band ternama di Yogyakarta, Endank Soekamti.

"Tidak ada korban. Baik pilot maupun copilotnya selamat. Tidak ada luka. Keduanya juga tidak syok dan dalam keadaan tenang," ujar Tjandra di Pentak Lanud Adisutjipto, Selasa (4/9) malam.

Tjandra menuturkan pesawat yang jatuh merupakan pesawat buatan tahun 2006 dan dalam kondisi layak terbang. Sebelum terbang, kata Tjandra pesawat sudah dicek terlebih dulu kondisinya dan dinyatakan layak terbang.

Tjandra menerangkan selain pesawat, baik pilot maupun copilot juga sudah melakukan pengecekan kondisi kesehatan. Keduanya, sambung Tjandra dinyatakan dalam kondisi sehat dan laik menerbangkan pesawat.

"Jam 15.00, dilakukan briefing, tes kondisi pesawat dan cek kesehatan pilot dan copilot. Setelah dinyatakan layak terbang diizinkan untuk menerbangkan pesawat. Pesawat terbang melalui rute selatan," ungkap Tjandra.

Tjandra menjabarkan saat itu kondisi cuaca dalam keadaan bagus. Angin juga dalam bagus dengan kecepatan 10 knot arah 210.

"Sekitar pukul 16.00 WIB, pilot mendeclare mayday. Saat itu pesawat terbang diketinggian 5000 kaki. Pesawat mengalami engine failed," urai Tjandra.

Usai mendeclare mayday, lanjut Tjandra, pilot berusaha mencari lokasi pendaratan yang aman. Akhirnya dipilihlah lokasi pendaratan di pekarangan tersebut.

"Untuk penyebab engine failed masih akan diinvestigasi. Saat ini belum tahu apa penyebabnya," pungkas Tjandra. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini