Peringati Hari Kartini, Puluhan Polwan di Kediri Bersih-Bersih Lokasi Cagar Budaya

Kamis, 22 April 2021 00:04 Reporter : Imam Mubarok
Peringati Hari Kartini, Puluhan Polwan di Kediri Bersih-Bersih Lokasi Cagar Budaya Aksi Polwan di Kediri peringati Hari Kartini. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sedikitnya 56 Polisi Wanita (Polwan) dari Kepolisian Resor (Polres) Kediri Kota membersihkan lokasi cagar budaya Jembatan Lama Brug Over den Brantas te Kediri dan Musala Pasar Bandar. Selain itu, para Polwan juga melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas, penyemprotan disinfektan, patroli hingga bagi-bagi masker kepada masyarakat.

Aksi para Polwan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2021, Rabu (21/4). Kegiatan yang mengambil tema 'Peran Perempuan Dalam Penanganan Covid-19'.

Kegiatan dipusatkan di Jembatan Lama Kediri, lantaran jembatan ini bersejarah. Diresmikan di era kolonial pada 18 Maret 1869.

Jembatan ini menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan juga jembatan dengan konstruksi besi pertama di Jawa.

"Polwan Polres Kediri Kota ambil bagian dari peran emansipasi wanita yang digelorakan oleh RA Kartini di era milenial ini. Bertemakan 'Peran Perempuan Dalam Penanganan Covid-19', Polwan Polres Kediri Kota melakukan banyak kegiatan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat sekaligus merawat sejarah," kata Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo kepada wartawan.

Aksi bersih-bersih para Polwan mengundang antusiasme warga. Salah satunya Dimas, Warga Purwosari, Kediri. Dia mengaku salut dengan para Polwan yang tetap semangat meski dalam puasa Ramadan.

"Polwan-nya cantik-cantik berwibawa berkegiatan di hari Kartini. Apalagi di bulan Ramadan mereka tetap semangat salah satunya bersih-bersih cagar budaya, bersih-bersih musala, bagi masker dan melakukan penyemprotan," kata Dimas. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Polwan Cantik
  3. Hari Kartini
  4. Kediri
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini