Pergi sama teman FB, ABG asal Sukabumi dijadikan pembantu di Malaysia

Jumat, 7 September 2018 22:32 Reporter : Ya'cob Billiocta
Pergi sama teman FB, ABG asal Sukabumi dijadikan pembantu di Malaysia Ilustrasi Human Trafficking. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Gadis berusia 16 tahun asal Kampung Kadupugur, Kabupaten Sukabumi, ES menjadi korban perdagangan orang. Dia diberangkatkan ke Malaysia untuk dijadikan pembantu rumah tangga.

"Kami masih menelusuri kasus perdagangan manusia di wilayah hukum kami yang korbannya adalah gadis berusia 16 tahun warga Desa Wangunjaya, Kecamatan Nyalindung," kata Kapolsek Nyalindung AKP Endah Sriwigiarti di Sukabumi, Jumat (7/9).

Menurutnya, dari hasil penyelidikan sementara dan meminta keterangan dari orang tua korban, ES diiming-imingi kerja di DKI Jakarta untuk menjadi baby sister oleh orang yang baru dikenalnya melalui Facebook dengan pemilik akun bernama Rian.

Namun kenyataannya, korban malah dibawa ke Malaysia untuk menjadi pembantu rumah tangga. Hingga kini keberadaan yang memberangkatkan korban ke Malaysia belum terdeteksi.

Polisi juga sudah berkoordinasi dengan unsur Muspika Nyalindung, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi dan Polres Sukabumi. Selain itu, saat ini ia pun masih fokus menunggu kepulangan ES ke kampung halamannya yang informasinya sedang diproses oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) Kuala Lumpur.

"Untuk mengungkap kasus ini kami akan berkoordinasi dengan Polres Sukabumi, karena berada di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim)," tambahnya.

Endah mengatakan keterangan dari korban sangat diperlukan. Diharapkan kasus dugaan perdagangan manusia ini bisa terungkap agar rantainya terputus dan diberantas hingga akarnya.

Sebelumnya, gadis belia asal Kampung Kadupugur, Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung ditemukan WNI yang tinggal di Malaysia yakni Neng Ai Maryati dalam kondisi kebingungan dan menangis. Beruntung ES diselamatkan dan penyelamatnya menghubungi wartawan yang ada di Sukabumi. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini