Pemungutan Suara di Nias Selatan Berlangsung Lancar

Selasa, 23 April 2019 18:34 Reporter : Yan Muhardiansyah
Pemungutan Suara di Nias Selatan Berlangsung Lancar Simulasi pencoblosan Pemilu 2019. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Pemungutan suara ulang (PSU) digelar di 5 kecamatan di Nias Selatan, Sumut, Selasa (23/4). Proses pencoblosan berlangsung lancar.

"Aman, lancar. Sejauh ini tidak ada kendala. Umumnya berjalan lancar," kata Ketua KPU Sumut, Yulhasni.

Menurut Yulhasni, masyarakat cukup antusias datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Meski hari kerja dan ada yang pekan, semangat mereka datang ke TPS cukup tinggi," ucap Yulhasni.

Berdasarkan informasi dihimpun, pemungutan suara dilaksanakan di 153 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 5 kecamatan. Pemungutan suara di sana terpaksa dilakukan hari ini karena logistik yang tidak terdistribusikan pada 17 April lalu.

Lima kecamatan yang menyelenggarakan Pemilu yakni Kecamatan Somambawa dengan 6.362 orang yang masuk Daftar Pemilihan Tetap (DPT), Kecamatan Siduaori (5.181 orang dalam DPT), Kecamatan Mazino (6.884 orang), Kecamatan Lolowau (5.358 orang), dan Kecamatan Toma (7.176 orang).

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, memantau langsung pengamanan pemungutan suara di Nias Selatan. "Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Polisi sifatnya hanya membantu penyelenggara dalam memberikan rasa aman dan nyaman demi suksesnya pesta demokrasi," ucapnya.

Agus meminta seluruh masyarakat Sumut untuk terus mengawal pemilu dengan tetap menjaga keamanan, ketertiban dan suasana kondusif.

"Kalau ada dugaan kecurangan maka diselesaikan secara hukum, laporkan ke Bawaslu atau tidak puas dengan hasilnya maka bawa ke Mahkamah Konstitusi. Semua sudah diatur undang-undang,' ujarnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini