Pemprov DIY Siapkan Tiga Langkah Tangani Longsor di Makam Raja Mataram Imogiri

Selasa, 19 Maret 2019 21:15 Reporter : Purnomo Edi
Pemprov DIY Siapkan Tiga Langkah Tangani Longsor di Makam Raja Mataram Imogiri Makam Raja Mataram di Imogiri Rusak Karena Tebing Ambrol. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menyiapkan tiga langkah penanganan darurat untuk memperbaiki longsor di Makam Raja-raja Mataram Imogiri. Tiga langkah penanganan darurat ini diharapkan mampu mencegah terjadinya longsor susulan yang membahayakan warga serta bangunan makam.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi menerangkan tiga langkah penanganan darurat ini telah dibahas di rapat koordinasi. Tiga langkah penanganan darurat ini nantinya akan dipilih yang paling mungkin dilakukan.

"Langkah daruratnya adalah memasang terpal di lokasi yang longsor. Kemudian ada juga opsi menggunakan teknik semen sprayer. Ada pula skenario memakai sistem drainase," ujar Gatot di Komplek Kantor Gubernur Gubernur DIY, Selasa (19/3).

Dia menerangkan, sebenarnya pemasangan terpal sudah akan dilakukan pada Selasa (19/3). Hanya saja rencana ini urung dilakukan karena terkendala kondisi tanah yang labil dan curamnya tebing.

"Terpal sudah dibawa ke sana (lokasi talud yang longsor). Namun belum bisa dipasang. Sedang kita pikirkan caranya," jelas Gatot.

"Kalau teknik semen sprayer itu dengan menyemprotkan semen ke tebing. Semprotan semen ini diharapkan bisa menahan tanah agar kuat dan tidak terbawa air. Sedangkan teknik drainase ini dipakai untuk mengatur sistem drainase sehingga tak ada genangan air yang bisa meresap ke tanah," jelas Gatot.

Gatot mengungkapkan Pemda DIY pun telah menyiapkan penanganan permanen. Penanganan permanen ini dengan membangun kembali talud yang longsor di makam raja-raja Mataram ini.

"Kita juga siapkan penanganan permanen. Namun sementara akan kita lakukan penanganan darurat dulu untuk jangka waktu yang cepat dan mencegah terjadinya longsor susulan," ucap Gatot.

Sebagaimana diberitakan, talud sisi timur Makam Raja-raja Mataram di Imogiri mengalami kerusakan paska longsor pada Minggu (17/3). Longsornya talud sisi timur Makam Raja-raja Mataram ini menimpa dua rumah warga di Dusun Kedungbuweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Sleman.

Longsornya talut ini menewaskan seorang warga bernama Sudi Atmojo (80). Selain itu longsoran pun menimpa dua korban lainnya yang bernama Eko Supratmi (42) dan Rufi Kusuma Putri (9). Kedua korban ini belum ditemukan keberadaannya dan masih dalam proses pencarian. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Tanah Longsor
  2. Banjir Jogja
  3. Bantul
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini