Pemkot Surabaya Punya Mobil Ambulance Khusus Bayi Senilai Rp2 Miliar

Senin, 13 Mei 2019 23:12 Reporter : Erwin Yohanes
Pemkot Surabaya Punya Mobil Ambulance Khusus Bayi Senilai Rp2 Miliar Pemkot Surabaya Punya Mobil Ambulance Khusus Bayi. ©2019 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Pemkot Surabaya kini memiliki mobil ambulance khusus untuk bayi. Ambulance yang diberi nama Neonatal Emergency Transport Net (NETS) ini diklaim baru satu-satunya di Indonesia. Mobil ambulance ini dikhususkan untuk penanganan bayi setelah persalinan.

"Satu-satunya di Indonesia dan sebenarnya sudah kita miliki sejak tahun 2017 lalu," kata Wakil Direktur RSUD dr Soewandhie, dr Rince Pangalila, Senin (13/5).

Menurutnya, Surabaya masih memiliki satu unit NETS. Idealnya, Surabaya memiliki lima unit untuk mengcover seluruh wilayah di Surabaya. Lantas, berapa harga mobil tersebut, Rince mengatakan, satu unit mobil harganya Rp1,8 miliar hingga Rp2 miliar.

"Karena di dalamnya ada alat-alat medis," lanjutnya.

Lebih detail dijelaskan, peralatan di dalam ambulans itu, diantaranya ada alat bantu pernapasan, pasien monitor, inkubator dan alat pacu jantung. Karena itu pun, biaya penggunaan mobil ini pun sangat tinggi.

Untuk sekali jalan, biaya operasionalnya antara Rp2,5 juta hingga Rp2,75 juta. Tingginya biaya itu karena pihaknya ibarat memindahkan alat-alat medis di NICU ke mobil.

"Tapi untuk masyarakat miskin digratiskan. Biayanya ditanggung pemerintah kota," terangnya.

Ia mengatakan pula, NETS ini siap melayani semua panggilan untuk kebutuhan ambulans bayi. Namun meski dimiliki RSUD dr Soewandhie, tidak semua bayi akan dibawa. Jika ruang NICU di RS Soewandhie penuh, maka bayi harus dibawa ke RS lain. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Surabaya
  2. Kesehatan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini