Pemkot Solo Bagikan Kambing ke TPS dengan Partisipasi Pemilih di Atas 90%

Rabu, 12 Juni 2019 22:17 Reporter : Arie Sunaryo
Pemkot Solo Bagikan Kambing ke TPS dengan Partisipasi Pemilih di Atas 90% Pemkot Solo Bagikan Ratusan Kambing. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kota Solo memenuhi janjinya memberikan hadiah seekor kambing bagi tempat pemungutan suara (TPS) dengan partisipan pemilih di atas 90 persen saat Pemilu (17/4) lalu. Selain kriteria tersebut hadiah kambing juga diberikan untuk 10 TPS paling unik.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Surakarta, Hendro Pramono mengatakan total ada 111 kambing yang dibagikan ke TPS dari 1.734 TPS yang ada. Dengan perincian 101 kambing untuk TPS dengan tingkat partisipasi pemilih lebih dari 90 persen dan 10 untuk TPS dengan tema unik.

Penyerahan kambing dilakukan dua tahap, yakni pada 29 Mei lalu sebanyak 32 ekor dan sisanya pada hari ini. Penyerahan pertama untuk penerima di Kecamatan Banjarsari dan Pasarkliwon. Sedangkan hari ini untuk Laweyan, Serengan dan Jebres.

"Dari 111 yang diperebutkan, Kecamatan Jebres mendapatkan 63 ekor. Ini perlu kita pupuk bersama dan kita berikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KPPS dan jajarannya. Pemilu di Solo bisa berjalan lancar, aman dan sukses. Saya berharap kedepan tidak ada lagi istilah 01 dan 02. Semuanya bersatu padu membangun Kota Solo yang lebih maju," ujar Hendro disela penyerahan, Rabu (12/6).

2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Pada kesempatan sebelumnya Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengakui dirinya pernah menjanjikan hadiah kambing tersebut kepada anggota KPPS.

"Jadi sebelum Pemilu 17 April kemarin, saya janji akan memberikan hadiah satu ekor kambing bagi TPS yang angka partisipasi pemilihnya mencapai 95 persen," ujar Rudyatmo, Rabu (8/5).

Ketua DPC PDIP Solo ini menambahkan, pemberian hadiah kambing tersebut bertujuan agar warga datang ke TPS dan tidak golput. Strategi tersebut ternyata efektif hingga membuat warga berbondong-bondong datang menyoblos ke TPS. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini