Pemkab Bekasi Siapkan Tempat Isolasi Terpusat untuk Buruh Terpapar Covid-19

Jumat, 30 Juli 2021 01:00 Reporter : Adi Nugroho
Pemkab Bekasi Siapkan Tempat Isolasi Terpusat untuk Buruh Terpapar Covid-19 Pendistribusian obat Covid-19 untuk warga yang menjalani isolasi mandiri. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Perumahan Beverly Hills Kota Jababeka di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi dijadikan tempat isolasi terpadu pasien Covid 19 untuk kalangan buruh dan keluarganya. Lokasi terpusat ini akan memudahkan pengawasan kondisi mereka.

"Kami berharap adanya tempat isolasi terpusat ini dapat mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Bekasi, khususnya yang berasal dari klaster industri," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Kamis (29/7).

Tempat isolasi terpusat ini mampu menampung 660 pasien. Tenaga kesehatan ditempatkan di sana untuk mengawasi pasien selama 24 jam.

"Diharapkan dengan adanya tempat isolasi terpusat ini, penambahan kasus Covid-19 maupun angka kematian dapat berkurang," ucapnya.

Dani mengatakan, 80 persen kasus aktif di Kabupaten Bekasi saat ini menjalani isolasi mandiri. Berdasarkan hasil evaluasi, terjadi peningkatan kematian dari pasien yang sedang melakukan isolasi.

"Beberapa hari lalu kita rapat bersama perusahaan industri dan Apindo. Mereka sepakat untuk menyediakan tempat isolasi terpusat bagi karyawan yang dikelola secara gotong-royong dari dana CSR perusahaan," kata Dani.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, tempat isolasi terpusat sangat penting, karena lebih dari 60 persen kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi didominasi karyawan atau pekerja industri. "Kami bersinergi dengan semua pemangku kepentingan, terutama Apindo yang akhirnya terwujud tempat isolasi terpusat ini. Semuanya akan terintegrasi, dan tidak perlu menunggu waktu lama bagi pasien yang terpapar," kata Hendra. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini