Pelajar Asal Bogor Dihalau Hendak ke DPR, Rusak Mobil Polisi

Rabu, 25 September 2019 18:16 Reporter : Rasyid Ali
Pelajar Asal Bogor Dihalau Hendak ke DPR, Rusak Mobil Polisi Pelajar Asal Bogor Dihalau Hendak ke DPR. ©2019 Merdeka.com/Rasyid Ali

Merdeka.com - Polisi dan Satgas Pelajar menghalau ratusan pelajar asal Bogor yang hendak berdemontrasi di Gedung DPR/MPR. Pelajar dari sekolah berbeda datang berkelompok untuk bergabung di Stasiun Bogor.

Pantauan merdeka.com di lokasi, Rabu (25/9), para pelajar SMK/SMA se-Bogor berkumpul sejak pukul 12.15 WIB. Beruntung upaya mereka yang hendak melakukan aksi unjuk rasa terendus oleh anggota Satgas Pelajar.

Tak lama kemudian, anggota polisi dan TNI tiba di Stasiun Bogor dan meminta ratusan pelajar itu untuk tidak berangkat ke Jakarta.

Argumentasi sempat terjadi antara anggota Satgas Pelajar, kepolisian dengan para pelajar berseragam putih abu tersebut.

"Kami cuma ingin menyampaikan aspirasi, bukan mau membuat kerusuhan," kata Haikal, salah satu pelajar SMK swasta di Kota Bogor.

Informasi dihimpun, ada sekitar 48 sekolah SMA/SMK yang akan berangkat ke Jakarta dan bergabung dengan siswa dari Bekasi, Depok, Tangerang dan Jakarta untuk berdemonstrasi di depan gedung DPR RI.

"Ada sekitar 48 sekolah se-Bogor yang ikut demo di DPR," ujar Rifal siswa SMK swasta di Bogor lain.

Tuntutan yang akan mereka sampaikan kepada wakil rakyat sama seperti yang saat ini diperjuangkan oleh para mahasiswa di seluruh Indonesia. Yakni menolak revisi UU KPK dan sejumlah regulasi yang tidak berpihak kepada rakyat seperti RKUHP, pencemaran lingkungan akibat kebakaran hutan dan lahan, menolak reforma agraria rezim Jokowi dan RUU Pertanahan.

Kesal karena dibubarkan petugas, para pelajar bahkan merusak mobil Kasat Lantas Polres Bogor Kota, saat melintas di Jalan Ir Juanda.

Menurut Kabag Ops Polres Bogor Kota, Komisaris Prasetyo, saat itu Kasat Lantas tengah membantu pengamanan dan mengatur lalu lintas yang tersendat akibat iring-iringan pelajar.

"Iya mobil Kasat Lantas, dinaikin, diinjak-injak bagian depannya. Belum tahu rusaknya apa saja," kata Pras.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Bagaimana Pendapat Anda soal RUU KUHP? Klik di Sini! [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini