Pasien TKA Asal China di RSUD Margono Purwokerto Negatif Corona

Rabu, 29 Januari 2020 00:32 Reporter : Abdul Aziz
Pasien TKA Asal China di RSUD Margono Purwokerto Negatif Corona Ilustrasi Pasien. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua pasien warga negara (WN) China yang dirawat di RSUD Margono Soekarjo, Purwokerto tidak menunjukkan terinfeksi virus Corona. Dua pasien tersebut dirujuk ke RSUD Margono dari Puskesmas Purwokerto Selatan, serta dari Dinkes dan KKP kelas 2 Kabupaten Cilacap dengan diagnosa diduga terinfeksi virus seperti Corona.

"Beredarnya informasi adanya pasien terinfeksi Corona Virus di RSUD Margono melalui media sosial banyak membuat resah masyarakat," kata Wakil Direktur Pelayanan dan Kerjasama RSUD Margono dr Moh Tarqib Alatas, Selasa (28/1).

Tarqib mengatakan pasien WNA rujukan dari Puskesmas Purwokerto Selatan ditangani sesuai prosedur saat diterima di RSUD Margono. Kesimpulan yang didapat pasien tersebut tidak terbukti secara klinis dan pemeriksaan penunjang terinfeksi virus Corona.

"Pasien telah dirawat dan segera dipulangkan," katanya.

Sedang pasien WN China rujukan Dinkes dan KKP kelas 2 Cilacap, mengalami gejala batuk pilek ringan dan memiliki riwayat perjalanan dari Shanghai. Sesuai prosedur penanganan, pasien dirawat di ruang isolasi khusus selama masa observasi dan dipastikan tidak kontak dengan pasien lain.

"Sampai saat ini, pasien belum menunjukkan ke arah infeksi Corona virus. Pihak RSUD Margono tetap melakukan pengawasan terhadap perkembangan pasien," katanya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan, RSUD Margono menyelenggarakan Posko Waspada Coronavirus di Stasiun Purwokerto. Tim media dan paramedis diturunkan untuk antisipasi Corona melalui pintu masuk jalur darat.

"Posko ini diharapkan akan membantu deteksi dini infeksi Coronavirus," kata Tarqib. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini