Pantau Gunung Merapi, Jonan Minta Warga Tak Khawatir ke Yogya

Rabu, 12 Desember 2018 23:33 Reporter : Purnomo Edi
Pantau Gunung Merapi, Jonan Minta Warga Tak Khawatir ke Yogya Ignasius Jonan. Fikri Faqih©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, Sleman, Rabu (12/12). Jonan tiba di Pos Pengamatan Kaliurang sekitar pukul 18.53 WIB.

Dalam kunjungannya, Jonan melihat perkembangan kegunungapian di Gunung Merapi. Jonan sempat mendapatkan penjelasan singkat tentang kondisi Gunung Merapi terkini dari Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani.

Jonan menuturkan jika kedatangannya ke pos pengamatan untuk melakukan pengecekan terhadap aktivitas Gunung Merapi. Jonan juga menyebut jika kedatangannya terkait operasi Nataru (Natal dan Tahun Baru) yang akan digelar di pertengahan Desember mendatang.

"Sebentar lagi dimulai operasi Natal dan Tahun Baru, pertengahan Desember. Jadi kami mengecek untuk antisipasi. Apakah ada yang perlu dipersiapkan apabila kegiatan vulkanis Gunung Merapi meningkat atau tidak," ujar Jonan, Rabu (12/12).

Jonan mengatakan jika dari laporan yang diberikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) diprediksi hingga Januari 2019 tidak ada peningkatan aktivitas Gunung Merapi yang mengarah pada terjadinya erupsi. Kalaupun ada aktivitas Gunung Merapi, Jonan menyebut hanya akan berupa guguran lava.

"Kalau dari laporan, potensi adanya erupsi besar, sampai awal Januari diperkirakan tidak. Kalau pun ada, istilahnya guguran lava, muntah dari kawah yang agak penuh karena ada penambahan lava itu ke dalam mangkok kubah lava sekitar 3.400 meter kubik per hari. Sekarang kapasitasnya 357.000 meter kubik jadi mungkin suatu saat tumpah karena ada sudetan ke arah tenggara, arah Kali Gendol. Kalau meletus besar, kalau analisa dari erupsi-erupsi sebelumnya sampai 150 tahun sebelumnya, mestinya nggak ada. Hanya tumpah saja," ungkap Jonan.

Jonan mengimbau kepada masyarakat tidak perlu khawatir untuk berwisata ke Yogyakarta saat libur Natal dan Tahun Baru. Jonan juga memersilakan wisatawan jika ingin berkunjung ke Yogyakarta dan khususnya berlibur ke objek wisata di wilayah Kaliurang.

"Tidak perlu khawatir ke Jogja, berwisata atau berkunjung, karena diperkirakan tidak akan ada erupsi besar (selama libur Natal dan Tahun Baru)," tutup Jonan. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini