Nuansa Khas Destinasi Wisata Kebumen Jadi Pilihan #PesonaMudik2019

Minggu, 19 Mei 2019 16:43 Reporter : Hery H Winarno
Nuansa Khas Destinasi Wisata Kebumen Jadi Pilihan #PesonaMudik2019 10 Top Destinasi Kebumen. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Berada di jalur mudik Pantai Selatan Jawa Tengah, beragam destinasi khas disajikan oleh Kebumen. Wilayah ini memiliki karakter nature yang sangat kuat. Mulai nuansa pantai, susur goa, juga kawasan pegunungan.

"Kebumen memiliki karakter unik. Nature dan culture sebenarnya sama baiknya. Kombinasi luar biasa ini yang membesarkan pariwisata Kebumen. Dengan kualitas luar biasa, Kebumen layak sebagai destinasi wisata khususnya untuk #PesonaMUdik2019," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Minggu (19/5).

Kebumen memang layak sebagai #PesonaDestinasiLebaran2019 dan #PesonaMudik2019. Sebab, wilayah ini menawarkan konsep terbaik.

"Semua yang ada di Kebumen ini sungguh luar biasa. Destinasi ini juga mudah dijangkau karena dekat dengan jalan utama Purwokerto-Yogyakarta. Aspek amenitasnya juga bagus. Pokoknya nyaman berada di Kebumen," terang Menpar Arief Yahya.

10 Top Destinasi Kebumen 2019 Merdeka.com

Menambah kenyamanan menemukan destinasi pariwisata, kecanggihan piranti Waze atau Google Maps siap membantu. Tinggal klik saja melalui gawai masing-masing. Tunggu instruksi. Lalu, akan dibawa menuju lokasi dengan rute tercepat.

Berikut 10 Destinasi Kebumen yang bisa dikunjungi

Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah atau sering juga disingkat Bukita PI ini menawarkan pemandangan alam Kebumen yang terlihat sangat indah, jika kamu tahu tentang Kalibiru di Jogja, pasti kamu bisa membayangkan pemandangan di Bukit PI tersebut, hanya saja di Bukit PI tidak terdapat waduk.

Bukit Pentulu Indah terkenal dengan pemandangan sunrisenya, lokasi ini sangat cocok untuk menikmati hangatnya sinar matahari terbit dengan background gunung kembar Sumbing Sindoro, terletak di ketinggian sekitar 300 Mdpl, tidak terlalu tinggi namun menawarkan landscape yang sangat mempesona.

Saat matahari mulai terbit, jika cuaca cerah kita bisa melihat pemandangan hutan di lembah Sungai Luk Ulo yang sedang diselimuti kabut, layaknya pemandangan di Punthuk Setumbu Magelang, puncak Bukit Pentulu Indah cukup luas sehingga memungkinkan kita untuk mendirikan tenda dan berkemah disini.

Pantai Menganti

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Pantai Menganti berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Rute paling cepat menuju Pantai Menganti dari Kecamatan Gombong adalah melalui Kecamatan Ayah. Perjalanan kemudian diteruskan melewati Jalan Pantai Menganti. Menjelang sampai, kondisi jalan akan menanjak dan berkelok di kawasan perbukitan. Kondisi menanjak mulai terasa dari pertigaan menuju Pantai Karangbolong dan Kecamatan Ayah.

Kawasan pantai pasir di Menganti berada di sisi barat. Kawasan ini merupakan pantai nelayan. Ketika siang hari, banyak perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai. Di pantai nelayan pun terdapat banyak warung makan dan kamar mandi untuk pengunjung. Letak pantai ini diapit oleh perbukitan di sekitarnya sehingga panorama bukit hijau turut menghiasi pandangan.

Panorama yang bisa disaksikan dari Tanjung Karangbata memang begitu menawan. Tebing yang menjulang tinggi dan memanjang di tepi laut membuat suasana seperti di Selandia Baru.

Pantai Surumanis

Pantai yang termasuk pantai selatan Pulau Jawa ini memiliki pemandangan yang aduhai. Di pantai ini terdapat tebing-tebing hijau nan indah. Selain itu, juga terdapat karang dan bebatuan yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Pantai yang memiliki panjang kurang lebih 600 meter ini masih sangat asri dan relatif bersih. Bukan tanpa alasan, pengunjung yang masih sedikit juga membuat pantai ini masih tetap alami. Karena masih sepi, tentunya pantai ini sangat cocok bagi yang membutuhkan suasana yang tenang damai dan alami.

Selain itu, Pantai Surumanis Kebumen ini juga sangat fotogenik dan tentunya juga Instagramable, sehingga cocok bagi teman-teman yang hobi berfoto baik selfie, wefie, atau fotografi landscape. Jadi jangan lupa membawa perangkat fotografinya ya.

Goa Barat

Wisata Goa barat merupakan wisata alam cukup menantang dan ekstrem, karena Wisata Goa barat ini memiliki kedalaman yg belum bisa ditentukan , tetapi baru 6,1 km sudah dipetakan. Sehingga tempat wisata ini sudah cukup aman untuk dieksplor.

Nama Gua Barat ini berasal dari karakter alamiah sekitar goa, yaitu ketika angin kencang dari arah dalam seringkali menerpa mulut gua. Angin kencang tersebut dalam bahasa Jawa dijuluki angin barat sehingga masyarakat sekitar menamai goa ini dengan goa barat.

Tenang saja untuk masuk ke dalam goa kalian akan dipandu oleh seseorang pengelola yang sudah terbiasa memandu para wisatawan yang ingin mengeksplor dan menelusuri goa barat ini. Setiap pemandu akan menunjukkan tempat tempat yang keren untuk kalian mengabadikan lewat foto, serta pemandu juga akan menjelaskan tentang sejarah yang pernah ada di wisata goa barat ini.

Brujul Adventure Park

Brujul Adventure Park berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Kebumen, pengunjung dapat ke sana menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Bagi para wisatawan yang menaiki angkutan umum, tersedia angkutan desa jurusan Kebumen-Peniron, turun di pertigaan pasar Peniron.

Aneka wahana itu melengkapi wajah asli Brujul Adventure Park berupa hutan dan panorama pegunungan nan eksotis. Selama ini, Brujul Adventure Park dikenal cocok bagi mereka pecinta wisata alam dan petualangan.

Kegiatan seperti hiking sangat pas dilakukan di sini. Dengan medan jalan yang menanjak dan lika liku, pengunjung disajikan panorama sekeliling hutan pinus, bambu dan jati serta batu-batu besar khas pegunungan dan hutan yang kini diberi nama Situs Watu Tumpang. Makin lengkap dengan keberadaan curug di tempat ini.

Roemah Martha Tilaar

Roemah Martha Tilaar terletak di jalur selatan Pulau Jawa yang ramai dengan kendaraan bus maupun truk, ada sebuah 'lorong' waktu bisa membawa Anda menjelajah sejarah sang pendiri Martha Tilaar.

Ya, tempat wisata yang masih baru di Gombong itu bernama "Roemah Martha Tilaar". Dari nama, tempat wisata yang menyimpan segala kenangan tentang Martha Tilaar bisa ditemui di tempat yang beralamat di Jalan Sempor Lama Nomor 28 ini adalah rumah masa kecil Martha.

Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.

Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal merupakan sumber air panas Krakal terbentuk secara alami yang muncul ke permukaan seperti mata air. Saat ini sumber air panas yang ada dimanfaatkan untuk pemandian umum dan pariwisata. Pemandian Air Panas Krakal beralamat di desa Krakal, kecamatan Alian, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Untuk menuju ke pemandian air panas ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum sudah mulai jarang ditemui.

Pemandian Air Panas Krakal berasal dari sumber mata air panas alami yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Terdapat beberapa mata air panas namun hanya 2 mata air yang digunakan untuk pemandian air panas. Kandungan garam mineral yang terkandung cukup tinggi sehingga dapat menyehatkan tubuh.

Benteng Van Der Wicjk

Benteng ini adalah benteng pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun sekitar abad ke 19. Terletak di Kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kira-kira 300 m dari jalan raya Kebumen Yogyakarta, benteng ini adalah salah satu obyek wisata menarik di Jalur Pantai Selatan.

Nama Van Der Wijck sendiri berasal dari nama komandan pada saat itu yang karirnya cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. Pada awal didirikan, benteng ini diberi nama Fort Cochius (Benteng Cochius) dari nama salah seorang Jenderal Belanda Frans David Cochius (1787-1876) yang pernah ditugaskan di daerah Bagelen (salah wilayah karesidenan Kedu).

Tak Cuma sekedar benteng tua, kini pihak pengelola juga melengkapi obyek wisata ini dengan taman bermain anak seperti kincir putar, perahu angsa, mobil-mobilan dll.

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan kereta mini yang mengangkut pengunjung dari pintu gerbang utama menuju benteng yang memang jaraknya agak jauh. Ada pula patung dinosaurus raksasa yang pastinya membuat anak-anak menjadi senang dan gembira. Tak ketinggalan warung-warung makan yang beragam menambah semarak obyek wisata Benteng Van der Wijck.

Pantai Petanahan

Pantai Petanahan adalah sebuah pantai yang menawan dan merupakan salah satu tujuan wisata di Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Petanahan ada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Petanahan menyajikan suasana pantai yang masih alami dengan lagunanya yang menawan.

Wisata Pantai Petanahan di Karanggadung Kebumen Jawa Tengah adalah tempat wisata yang
ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Pantai Petanahan di Karanggadung Kebumen Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota kebumen tidak mengunjungi wisata pantai yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Gua Jatijajar

Gua Jatijajar merupakan salah satu tempat wisata di Kebumen yang cukup populer sebagai destinasi wisata. Lokasinya berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, dan berjarak sekitar 42 km di arah barat daya pusat kota Kebumen. Gua ini terbentuk dari batuan kapur dengan panjang kurang lebih 250 meter, lebar mencapai 15 meter, dan ketinggian sekitar 12 meter.

Sebagai destinasi wisata yang cukup populer, di dalam Gua Jatijajar telah dibangun jalan dilengkapi dengan pagar pembatas untuk memudahkan mobilitas wisatawan. Dengan luas area kurang lebih 5,5 hektar, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan taman. Wisatawan bisa beristirahat dengan santai sambil menikmati kesejukan udara dan pemandangan alam sekitar. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini