Muncul Klaster Baru Covid-19 di DIY, Pemda Minta Warga Taat Prokes

Jumat, 15 Oktober 2021 04:30 Reporter : Purnomo Edi
Muncul Klaster Baru Covid-19 di DIY, Pemda Minta Warga Taat Prokes Kawasan Wisata Jalan Malioboro. ©2021 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) angkat bicara terkait munculnya kelompok penularan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), seperti klaster senam sehat di Kabupaten Bantul. Sekda Kadarmanta Baskara Aji menyatakan kejadian itu harus dianggap sebagai hal serius.

Aji menjabarkan bahwa Pemda DIY telah memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan tracing menyeluruh terhadap penularan Covid-19. "Kami sudah meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan tracing menyeluruh," ujar Aji di Kantor Gubernur DIY, Kamis (14/10).

Dia menilai munculnya klaster-klaster baru ini karena masyarakat mulai abai pada protokol kesehatan. Aji mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhinya agar terhindar dari penularan Covid-19.

"Masyarakat sudah abai terhadap prokes. Sudah tahu positif, masih datang senam dan ditiliki (dijenguk). Seharusnya itu tidak boleh," tegas Aji.

Aji mengingatkan, meski kasus penularan Covid-19 sudah mulai melandai namun masyarakat jangan sampai abai pada prokes. "Masyarakat harus waspada. Yang positif seharusnya juga tahu diri. Sudah tahu positif kok masih berangkat senam," pungkasnya.

Diberitakan, klaster senam sehat muncul di Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Hingga Kamis (14/4), jumlah pasien positif Covid-19 dari klaster ini mencapai 14 orang. Tiga orang di antaranya harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini