Mudik Lebaran, Polda Metro Jaya sebut 120 ribu kendaraan keluar Jakarta perhari

Rabu, 13 Juni 2018 22:13 Reporter : Ronald
Kendaraan pemudik menepi di bahu tol Cikampek. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Polda Metro Jaya memprediksi sebanyak 120 ribu kendaraan per hari ke luar dari Jakarta untuk melakukan mudik Lebaran 2018, baik ke pulau Jawa dan Sumatera. Prediksi itu dimulai pada Selasa (12/6) kemarin.

"Kemarin ya, itu per hari itu, itu sudah dari zaman dulu sudah biasa itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (13/6) malam.

"(Puncaknya) Kemarin," sambungnya.

Untuk saat ini, kata Argo, kepadatan sudah berkurang hingga H-1. Dia mengakui adanya kepadatan di jalur Cikarang Utama dan Pantura terpantau ramai lancar. Hal ini dikarenakan adanya perlambatan kendaraan di depan sehingga mengular hingga beberapa kilometer.

"Pantauan dari pada Cikarut bahwa ada mobil di sana yang agak merayap, tapi itu tidak lama setelah kita lakukan contra flow ya, itu kepadatan antara KM 35 sampai 49. Tapi kita melakukan contra flow mulai dari KM 29 ya, seterusnya di sana sehingga lancar semuanya. Kendaraan padat tapi bisa jalan antara 30 sampai 40 km per jam di sana," ujarnya.

"Kadang-kadang kendaraan itu di depan berjalan pelan, kemudian di belakangnya antre, sehingga orang mau salip agak terkendala. Jadi akhirnya ke belakang membuat seperti ada kerapatan kendaraan, tapi itu semua bisa terurai oleh kepolisian dan Jasa Marga," pungkasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini