Moeldoko Sebut Tak Bisa Copot Pangdam saat Masa Kritis Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 16:47 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Moeldoko Sebut Tak Bisa Copot Pangdam saat Masa Kritis Kebakaran Hutan Jokowi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan. ©2019 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeoldoko menilai, pencopotan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) yang terbukti gagal menangani bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak boleh terburu-buru. Menurut dia, perlu ada evaluasi dan tidak boleh ada pergantian secara tiba-tiba.

"Ya begini, Saya mantan panglima, saya tahu bagaimana menghadapi titik-titik kritis itu. Titik-titik kritis itu tidak boleh ada pergantian yang tiba-tiba karena diperluakn pengendalian," kata Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).

Dia menjelaskan, pergantian atau pencopotan tersebut akan dilakukan jika ada peristiwa besar. Jika tidak, pencopotan tidak bisa dilakukan.

"No way, tapi nanti setelah titik kritis ini dilewati, akan ada evaluasi, jadi saya pikir ini titik kritis yang perlu ada penanganan, semua orang berkonsentrasi, setelah itu baru dievaluasi," lanjut Moeldoko.

1 dari 1 halaman

Perintah Jokowi

Sebelumnya diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, akan menjalankan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yaitu mencopot Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) yang terbukti gagal menangani bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dia menjelaskan, pemecatan tersebut perintah Jokowi. Sebagai orang nomor satu di TNI, Hadi siap menjalankan perintah dari Presiden RI sebagai pemegang kekuasaan tertinggi TNI.

"Pencopotan itu perintah dan akan dilaksanakan," kata Hadi di Rumah Dinas Gubernur Riau, di Kota Pekanbaru, Sabtu (14/9). [rnd]

Baca juga:
Polisi Tangkap 5 Pelaku Pembakaran Hutan di Solok Kota
Kapur Tohor Akan Disebar Percepat Hujan Buatan Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan
Lanud Abdulrachman Saleh Malang Kirim Cassa 212 untuk Hujan Buatan Padamkan Karhutla
Malaysia Didesak Tuntut Pemerintah Indonesia Sebesar RM 1 karena Kabut Asap
Raut Wajah Jokowi Saat Blusukan ke Lokasi Kebakaran Hutan Riau

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini