Modus Baru, Warga Serpong Beli Ganja Cair Isi Vape dari AS Pakai Tisu Basah

Kamis, 31 Januari 2019 21:03 Reporter : Kirom
Modus Baru, Warga Serpong Beli Ganja Cair Isi Vape dari AS Pakai Tisu Basah Ungkap kasus peredaran narkotika di Tangerang Selatan. ©2019 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Warga Serpong Tangerang Selatan, berinisial AD(28) diamankan petugas Badan Narkotika Nasional (BNNK) Tangerang Selatan, karena kedapatan menerima paket ganja cair dari Amerika Serikat pada Selasa (22/1) kemarin.

Kepala BNN Provinsi Banten Brigjen Tantan Sulistyana mengatakan, ungkap kasus penyelundupan narkotika ini berhasil dibongkar, setelah BNNK kota Tangsel mendapat laporan dari Bea dan Cukai kantor pos pusat Pasar Baru Jakarta unit P2.

"Penangkapan ini hasil kerja sama dengan Bea Cukai kantor pos pusat Pasar Baru Jakarta unit P2, mencurigai paket kiriman berupa tisu mengandung narkotika yang dikirim ke wilayah Tangerang Selatan," kata Tantan di kantor BNNK Tangsel, Setu, Tangerang Selatan, Kamis (31/1)

Dari informasi itu, kemudian petugas menelusuri penerima barang, yang merupakan warga negara Indonesia, yang beralamat di Serpong, Tangsel.

"Kami telusuri pemiliknya, berinisial AD, tersangka mengakui sebagai penerima barang dengan barang bukti Tetrahydrocannabinol (THC) atau ganja cair seberat 7,2094 gram," ucap Tantan.

Diungkapkan Tantan, tersangka AD mengakui telah memesan ganja cair dari Amerika Serikat, yang akan digunakan sendiri dengan dicampur liquid rokok elektrik (Vape).

Menurut Tantan, modus penyelundupan narkotika jenis ganja cair ini, adalah yang pertama yang berhasil diungkap di Banten.

"Ini modus baru, kecurigaannya diawali pengiriman tisu basah sebanyak dua bungkus dari Amerika Serikat ke Tangsel. Masa cuma kirim tisu dari sana, maka ditelusuri dan dari hasil pemeriksaan lab, ternyata mengandung cairan ganja," ucapnya.

Menurut Tantan, pada umumnya penyelundupan (impor) THC cair murni, biasanya dilakukan dalam bentuk liquid, namun kali ini barang di kirim dalam bentuk tisu.

Diungkapkan dia, AD adalah WNI yang bekerja di Philipina. Ganja cair yang dia pesan itu, lanjutnya akan digunakan pelaku sendiri.

"Tersangka ini bekerja Filipina, dan memesan ganja cair dari Amerika Serikat, tersangka kami amankan dirumahnya di Serpong. Menurut pengakuan tersangka, ganja cair ini akan dicampur ke liquid vape, dia membeli dan menyalurkan juga," kata dia. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini