Menyamar Jadi Pedagang Sayur, Pelaku Curanmor di Kebumen Curi Motor

Selasa, 11 Agustus 2020 02:05 Reporter : Abdul Aziz
Menyamar Jadi Pedagang Sayur, Pelaku Curanmor di Kebumen Curi Motor Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - AM (25) warga Desa Pandansari Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen diduga terpergok mencuri sepeda motor. Ia berkeliling di pemukiman sebagai pedagang sayur sembari mengintai kendaraan yang diincar.

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan tersangka telah lama mengintai wilayah Desa Kejawang, Kecamatan Sruweng, sembari berjualan sayur di desa itu. Dia mengintai kendaraan milik Suratmin (41) warga desa setempat. Aksi pencurian dilakukan oleh tersangka pada hari Senin (3/8) dini hari di sebuah gudang kayu.

Sebelum lakukan aksi, terrsangka memarkirkan sepeda motor berikut kranjang sayur di areal masjid desa setempat. Ia lalu jalan kaki saat melakukan eksekusi pencurian sepeda motor yang terparkir di dekat gudang kayu tanpa dikunci stang.

"Aksi tersangka terbongkar setelah korban mengetahui sepeda motornya sedang dituntun oleh tersangka," kata Rudy, Senin (10/8).

Untuk mengelabui warga, pelaku sempat menekuk tanda nomor kendaraan bermotor atau plat nomor. Ini dilakukan agar nopol tidak terbaca. Namun tetap saja aksinya terbongkar karena tersangka terlihat panik saat berpapasan dengan korban.

"Kebetulan saat kejadian, korban pulang ronda. Di tengah jalan berpapasan dengan tersangka. Korban yang curiga selanjutnya mengecek sepeda motor yang sedang dituntun oleh tersangka. Ternyata adalah milik korban," jelas AKBP Rudy, Minggu (9/9).

Akibat perbuatannya tersangka dijerat dengan Pasal 362 KUH Pidana tentang pencurian. Ancaman penjara paling lama 5 tahun. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Curanmor
  3. Ragam Konten
  4. Kebumen
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini