Menkominfo Akan Buat Pusat Informasi Khusus Soal Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 20:28 Reporter : Nur Habibie
Menkominfo Akan Buat Pusat Informasi Khusus Soal Virus Corona Johnny G. Plate. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membuat pusat informasi secara khusus. Tujuannya untuk memberikan informasi terkait virus Corona. Serta menangkal informasi yang keliru soal virus Corona.

Menkominfo Jhonny G Plate mengatakan, pembentukan pusat informasi khusus tentang virus Corona itu dibuat. Karena, adanya informasi yang diterima masyarakat dengan tidak utuh atau keliru seputar virus Corona.

"Iya, akan dibangun satu tim terkoordinasi yang akan menentukan nanti pusat informasinya ada dimana. Apakah di Kemenkes, di Kominfo, itu hanya tempatnya. Yang diperlukan itu justru sumber informasinya dan pusat informasinya," kata Jhonny di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (28/1).

Ia menegaskan, pusat informasi khusus itu dibuat agar masyarakat benar-benar utuh dalam menerima informasi. Serta tak keliru dalam membaca informasi soal virus Corona.

"Karena banyak disinformasi. Di gedung BRI (ada orang yang tertular Corona) misalnya, salah. Juga ada informasi virus yang sudah menyebar di Surabaya, RS Doktor Sutomo, tidak ada itu semua. Memang belum ada," tegasnya.

1 dari 1 halaman

Menkomifo Nilai Virus Corona di China Tak Seganas yang Diberitakan

Menurutnya, virus Corona yang saat ini terjadi di Wuhan, Hubei, China itu tak separah seperti informasi yang diterima oleh masyarakat.

"Jadi, virus Corona tidak seganas yang diberitakan, seolah-olah dunia ingin runtuh, tidak. Ini bisa dicegah, di Tiongkok bisa dicegah, bahkan penanganannya dilakukan secara ketat di Tiongkok agar tidak menyebar secara mendunia," jelasnya.

Selain itu, ia belum bisa menjelaskan secara rinci jumlah pasti informasi tidak benar atau keliru tersebut terkait virus Corona. Ia pun mengimbau serta meminta masyarakat agar dapat menerima informasi soal virus Corona dari sumber yang benar dan terpercaya.

"Mulai sekarang, kita harapkan masyarakat bisa menyebarkan dan meneruskan informasi hanya dari sumber informasi yang resmi dari pemerintah," pungkasnya. [eko]

Baca juga:
Menko Airlangga Sebut Harga BBM Bisa Turun Sebagai Dampak Wabah Virus Corona
Cegah Virus Corona, Gubernur Olly Dondokambey Tunda Sementara Penerbangan dari China
Waspada Virus Corona, Anggota DPR Usul Kebijakan Bebas Visa Bagi WN China Dicabut
Kemlu: 243 WNI di China Tidak Ada yang Terjangkit Virus Corona
Pemerintah Pastikan Indonesia Aman dari Virus Corona
BKPM Prediksi Gejolak Dunia Akibat Virus Corona Berjangka Pendek

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini