Meninggal Sebelum Pencoblosan, Adik Ipar Megawati Raih Suara Terbanyak Kedua PDIP

Selasa, 14 Mei 2019 19:49 Reporter : Irwanto
Meninggal Sebelum Pencoblosan, Adik Ipar Megawati Raih Suara Terbanyak Kedua PDIP rekapitulasi surat suara. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Caleg DPR RI Nazarudin Kiemas meninggal sebelum pencoblosan Pemilu 2019. Meski demikian, dia tetap meraih banyak suara pada pileg 17 April lalu. Bahkan, perolehan suaranya tercatat terbanyak kedua dari PDIP.

Adik ipar Megawati Soekarnoputri itu meraup 31.358 suara. Dia tercatat sebagai caleg PDIP untuk DPR RI nomor urut 1 dari dapil Sumsel I.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengungkapkan, meski sudah wafat, suara Nazarudin Kiemas tetap sah dihitung. Namun diakumulasikan ke suara partai dari dapil itu. Hal itu sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019.

"Benar, tapi suaranya masuk ke partai," ungkap Kelly, Selasa (14/5).

Sementara itu, Bendahara DPD PDIP Sumsel Yudha Rinaldi menilai suara yang diraih Nazarudin Kiemas merupakan bukti PDIP masih menjadi partai terbesar di Bumi Sriwijaya. Militansi kader dan pendukung berpengaruh terhadap image Sumsel adalah basis PDIP.

"Ini membuktikan caleg-caleg dari PDIP dipercayai masyarakat," ujarnya.

Dikatakannya, masyarakat mayoritas belum mengetahui Nazarudin Kiemas sudah meninggal dunia. Hal itulah membuat pemilih mencoblos namanya di surat suara.

"Beliau sangat identik dengan PDIP, masyarakat memiliki kesan kepada beliau," pungkasnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini