Mendikbud Nadiem Makarim: Saya Mengerti yang Ada di Masa Depan

Rabu, 23 Oktober 2019 13:48 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Mendikbud Nadiem Makarim: Saya Mengerti yang Ada di Masa Depan Nadiem Makarim di Istana. ©2019 REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan anyar Nadiem Makarim mengaku optimis dengan jabatan yang baru saja diemban. Meski hal baru, namun ia yakin bisa menjalankannya lantaran bisnis yang dibangun berkaitan dengan masa depan.

"Saya bukan dari sektor pendidikan, tetapi satu saya lebih mengerti, belum tentu mengerti, tapi lebih mengerti apa yang akan ada di masa depan kita," kata Nadiem di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

"Itu yang pertama. Karena saya di bidangnya, bisnis saya di bidang masa depan, untuk mengantisipasi masa depan. Dan kebutuhan lingkungan pekerjaan di masa depan itu sangat berbeda dan akan selalu berubah," sambungnya.

"Bagi saya ini kehormatan luar biasa. Tapi juga beban yang luar biasa karena ini suatu amanah dan challenge yang luar biasa kompleksnya karena ini menyangkut manusia masa depan di Indonesia. Jadi tantangannya luar biasa," katanya.

Dia mengatakan nantinya akan banyak ide-ide yang akan dibuat dalam kementerian tersebut. Terutama terkait teknologi. Menurut dia, peran teknologi akan sangat penting. Nadiem menjelaskan terpilihnya jadi menteri lantaran mengetahui kondisi masa depan. Nantinya kata dia, akan menggabungkan antara institusi pendidikan yang dibutuhkan dan di luar institusi.

"Agar bisa adaptasi dengan segala perubahan itu. kedua, mau enggak mau, dengan 300.000 sekolah, 50 juta murid, mau enggak mau peran teknologi akan sangat besar dalam semuanya, kualitas, efisiensi dan administrasi sistem pendidikan sebesar ini ya, jangan lupa ini 4 terbesar di dunia sistem pendidikan ini, jadi peran teknologi sangat penting," kata Nadiem.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menunjuk Nadiem jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

"Mas Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," kata Jokowi saat mengumumkan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud.

Jokowi menyebut, tugas Nadiem di Kemendikbud adalah membuat terobosan yang signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia.

"Kita akan membuat terobosan-terobosan yang signifikan dalam pengembangan SDM, menyiapkan SDM yang siap kerja, siap berusaha yang me-link and match-kan antara pendidikan dan industri nanti berada di wilayah Mas Nadiem Makarim," kata Jokowi.

Diketahui, Nadiem Makarim menggantikan Muhadjir Effendi yang sebelumnya menjabat sebagai Mendikbud.Nadiem Makarim merupakan pendiri sekaligus bos Gojek dan telah mengundurkan diri dari posisinya di Gojek per Senin, 21 Oktober 2019.

Di antara deretan para menteri baru Jokowi, Nadiem Makarim berusia paling muda. Tahun ini, Nadiem berusia 35 tahun. [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini