Mendagri Perintahkan Ridwan Kamil Tunda Pelantikan Tiga Kepala Daerah

Jumat, 22 Maret 2019 17:44 Reporter : Aksara Bebey
Mendagri Perintahkan Ridwan Kamil Tunda Pelantikan Tiga Kepala Daerah Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Lapangan Gasibu. ©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri menginstruksikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menunda pelantikan tiga kepala daerah. Alasannya demi kondusifitas selama Pemilu.

Kebijakan itu berdasarkan surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bernomor 131/2473/SJ. Rencana awal, pelantikan yang akan digelar pada 7 April 2019. Ketiga kepala daerah yang ditunda pelantikannya adalah Kota Bogor, Cirebon dan Kabupaten Ciamis.

"Instruksi Kemendagri kepada seluruh Republik Indonesia. Jadi berlaku tidak hanya di Jabar surat edaran itu, berlaku untuk seluruh Republik Indonesia," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat ditemui di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (22/3).

Pria yang akrab disapa Emil ini meminta kebijakan ini tidak dipolitisasi. Sebab, semua dilandaskan pada instruksi menteri. Terlebih, keputusan itu sudah melalui masukan dari unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida) dari daerah yang bersangkutan.

"Ini adalah edaran tugas, gubernur menjalankan perintah dari pemerintah pusat sesuai dengan kondisi pertimbangan yang ada," tuturnya.

Untuk diketahui, tiga kepala daerah pemenang Pilkada yang pelantikannya ditunda adalah pasangan Bupati Ciamis, Herdiyat Sunarya-Yana D Putra; Walikota Bogor, Bima Arya-Dedie Rachim dan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra-Imron Rosyadi. Sunjaya sendiri sedang menjalani proses pengadilan terkait dugaan kasus jual-beli jabatan di Pemkab Cirebon. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini