Manipulasi Debit, Karyawan Alfamart di Bekasi Tilap Uang Penjualan Rp 177 Juta

Minggu, 21 April 2019 23:04 Reporter : Adi Nugroho
Manipulasi Debit, Karyawan Alfamart di Bekasi Tilap Uang Penjualan Rp 177 Juta kartu kredit. shutterstock

Merdeka.com - Polres Metro Bekasi Kota meringkus seorang kasir Alfamart di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi. Arlyandi Indra Pratama, pemuda 22 tahun itu diduga memanipulasi transaksi debit penjualan ke rekening pribadinya senilai Rp 177 juta.

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari mengatakan, kasus itu terungkap setelah polisi menyelidiki laporan PT. Sumber Alfaria Trijaya, pemilik gerai Alfamart tempat tersangka bekerja.

"Setelah dilakukan penyelidikan, terungkap aliran uang ke rekening pribadi tersangka," kata Erna di Bekasi, Minggu (21/4).

Menurut Erna, tersangka memanipulasi data transaksi debit fiktif BCA. Link dari komputer kasir disambungkan ke akun pribadi sejumlah e-commerce miliknya seperti JDID, Over, Bukalapak, Donewalet.

"Uang transaksi dimasukan ke saldo tersangka sehingga saldo tersangka selalu penuh," kata dia.

Saldo itu lalu dicairkan dalam bentuk uang untuk kepentingan pribadi mulai dari berfoya-foya, membeli kaus, mesin cuci, dan lainnya. Hasil audit, perusahaan kehilangan uang transaksi penjualan senilai Rp 177.876.800.

Dalam perkara itu, tersangka dijerat dengan pasal 374 KUHP tentang tindak pidana penggelapan dalam jabatan. Barang bukti disita sejumlah dokumen transaksi, perangkat komputer, hasil penjualan, kaus, hingga mesin cuci.

"Tersangka sudah ditahan oleh penyidik untuk memudahkan melengkapi berkas perkara sebelum diserahkan ke Kejaksaan," kata Erna. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Penggelapan
  2. Bekasi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini