Mahasiswa UIN Makassar Tewas Tertimpa Batu Saat Mendaki Gunung Lompobattang

Sabtu, 6 April 2019 20:33 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Mahasiswa UIN Makassar Tewas Tertimpa Batu Saat Mendaki Gunung Lompobattang Ilustrasi Mayat. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Nasib nahas dialami seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Salman (22), pendaki gunung yang tergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam Sultan Alauddin (Mapalasta) UIN Alauddin Makassar ini tewas tertimpa batu saat berada di pos 10 Gunung Lompobattang, Sulawesi Selatan, Jumat (5/4) pagi.

Batu yang menggelinding dari atas tebing dan menimpa pendaki yang sudah tergolong senior di antara puluhan pendaki bersamanya hari itu, berukuran cukup besar. Batu itu mengenai wajahnya hingga terjadi pendarahan dan meninggal dunia saat perjalanan evakuasi turun dari gunung ke rumah warga di lingkungan Lembang Bu'ne, Kelurahan Cikoro, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa.

Kapolsek Tompobulu, AKP Hasbullah yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Dia menjelaskan, korban Salman ini bersama rekannya kurang lebih 50 orang bermaksud mendaki Gunung Bawakareng melintasi Gunung Lompobattang.

Perjalanannya dimulai Kamis (4/4) pagi. Salman bertindak selaku pimpinan kelompok yang bertugas membuka jalan buat teman-temannya. Beristirahat di pos 09 Lompobattang dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya, Jumat (5/4) pagi.

"Jumat pagi itu mereka sudah berada di pos 10. Tiba-tiba ada batu yang menggelinding dari atas dan menimpa korban Salman yang berada paling depan karena memimpin rekan-rekannya yang lai. Batu ukuran kuranmg lebih 10 X 15 cm itu menimpa wajah korban hingga terjadi pendarahan. Rekan-rekannya berusaha mengevakuasi turun ke kaki bukit, diperkirakan korban meninggal dunia saat masih dalam perjalanan. Di antara mereka, ada rekan korban yang mencari bantuan untuk proses evakuasi berikutnya," kata AKP Hasbullah.

Antara lain bantuan yang datang itu dari Basarnas Makassar, Korpala Unhas, Mapalasta UIN, KPA Karantuang dan Pencinta Alam Rumbia Jeneponto.

"Jenazah korban Salman kini sudah dibawa pihak keluarganya ke Kabupaten Bulukumba," pungkas AKP Hasbullah. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pendaki Gunung
  3. Tewas Terjatuh
  4. Makassar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini