Lima alat peringatan diri di Gunung Merapi tak berfungsi

Senin, 27 Agustus 2018 22:14 Reporter : Purnomo Edi
Lima alat peringatan diri di Gunung Merapi tak berfungsi Alat Peringatan Dini Gunung Merapi. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Lima alat peringatan dini atau early warning system (EWS) yang berada di area Kecamatan Cangkringan, diketahui tidak berfungsi. Lima EWS ini tak berfungsi diduga karena usia pakai dan minimnya perawatan.

Komandan Unit Cangkringan SAR DIY, Joko Irianto menyampaikan, kelima EWS itu diketahui tak berfungsi saat Gunung Merapi mengalami erupsi freatik pada Mei 2018. EWS yang seharusnya berbunyi sebagai tanda peringatan dini justru tak berfungsi atau tak mengeluarkan suara.

"Kalau tidak salah ada lima EWS yang tak berfungsi. Alat itu tak mengeluarkan bunyi peringatan awal," ujar Joko.

EWS merupakan alat vital bagi warga untuk melakukan evakuasi dari kawasan lereng Gunung Merapi. Bunyi sirine EWS menjadi penanda bagi warga untuk melakukan evakuasi.

Joko menjabarkan selain lima EWS yang diketahui tak berfungsi, EWS lainnya yang terpasang di area lereng Gunung Merapi masih berfungsi dengan baik. Pihaknya sudah mengecek kondisi EWS lainnya.

"Kalau EWS yang lain tetap berfungsi normal, jadi tidak terlalu was-was. Waktu 17 Agustus kemarin juga sempat dinyalakan secara serentak," urai Joko.

Joko mengungkapkan saat ini tim SAR maupun relawan di Merapi terus melakukan koordinasi dan dalam kondisi siaga. Hal ini dilakukan karena status Gunung Merapi pasca ditetapkan berstatus Waspada oleh BPPTKG DIY belum juga mengalami penurunan status.

Joko menambahkan selain mengandalkan radio panggil pihaknya juga selalu melakukan patroli. Bagkan ronda malam di beberapa tempat pun juga dilakukan untuk mengantisipasi kondisi Gunung Merapi.

"Masih tetap pantau perkembangan dulu untuk mengambil kebijakan SAR unit Cangkringan. Tentu berkoordinasi denga instansi terkait mengenai informasi yang valid termasuk diantaranya BPPTKG DIY," tutup Joko. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Gunung Merapi
  2. Merapi Meletus
  3. Sleman
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini