Libur Lebaran Pantai Anyer Diserbu Wisatawan, Posko Siaga Dibangun Cegah Kecelakaan

Minggu, 16 Mei 2021 08:03 Reporter : Eko Prasetya
Libur Lebaran Pantai Anyer Diserbu Wisatawan, Posko Siaga Dibangun Cegah Kecelakaan Pantai Anyer. ©2013 Merdeka.com/Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Provinsi Banten mendirikan posko siaga di lokasi wisata pantai guna mengantisipasi kecelakaan laut.

"Kami mendirikan posko siaga untuk melindungi wisatawan," kata pimpinan Humas Basarnas Banten Sito Warsito di Anyer, dilansir Antara, Minggu (16/5).

Kehadiran posko untuk memberikan rasa aman dan nyaman wisatawan yang mengunjungi pesisir itu agar tidak terjadi kecelakaan laut. Petugas melakukan imbauan-imbauan kepada pengunjung agar tidak berenang melintasi batas garis warna kuning yang dipasang petugas.

Ia menjelaskan garis batas kuning merupakan tanda bahaya terdampak gelombang tinggi. Selain itu, katanya, pengunjung yang berenang di pantai setempat harus menggunakan pelampung.

"Kami tidak henti-hentinya melalui pengeras suara melakukan imbauan pengunjung wisata agar tetap waspada jika berenang di sekitar pantai," katanya.

Dia mengatakan saat ini wisatawan di kawasan Pantai Anyer padat dan ramai, namun kebanyakan wisatawan lokal dari wilayah Provinsi Banten. Mereka terdiri atas rombongan keluarga dan pasangan muda mudi yang memanfaatkan liburan Lebaran 2021.

Selama ini, kata dia, para wisatawan yang mengunjungi kawasan Pantai Anyer tidak ada kecelakaan laut. Petugas penyelamatan di posko dilengkapi peralatan pakaian pelampung, rescue car, palsar komunikasi, dan palsar medis.

"Kami bergerak cepat melakukan pencarian dan pertolongan jika terjadi kecelakaan laut menimpa wisatawan," katanya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini