Kronologi Hilangnya Pendaki di Gunung Bawakaraeng usai Rayakan HUT ke-76 RI

Rabu, 18 Agustus 2021 22:47 Reporter : Ihwan Fajar
Kronologi Hilangnya Pendaki di Gunung Bawakaraeng usai Rayakan HUT ke-76 RI Tim SAR cari pendaki hilang di Gunung Bawakaraeng. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap satu pendaki yang dikabarkan meninggal dunia di Pos 7 Gunung Bawakaraeng usai merayakan HUT ke-76 RI. Satu pendaki yang masih dicari tersebut merupakan kelompok delapan orang yang melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng.

Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadly mengatakan satu orang dikabarkan meninggal dunia dan masih dicari SAR gabungan bernama Rian. Ia meralat data sebelumnya yang menyebut korban meninggal yang ditemukan sebelumnya bukan bernama Rian, tetapi Zainal.

"Jadi jenazah pendaki yang sudah dievakuasi itu bernama Steven dan Zainal. Korban bernama Rian masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan," ucapnya melalui pesan WhatsApp, Rabu (18/8).

Hasan mengatakan pendaki yang masih dicari merupakan kelompok pemuda yang diduga berjumlah 8 orang dan berasal dari Kabupaten Gowa. Delapan orang pendaki tersebut yakni Steven (21), Zainal (21), Muh Rian (20), Lel Fadly (20), Andi Fauzan Muktahari, (21), Wahyudi ( 21), Febrian Alfiandi (17) dan Suardi (21).

"Mereka menghindari penyekatan yang kami lakukan. Mereka lewat jalur Lembanna yang memang tidak ada penyekatan di sana," kata dia.

Sementara Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan pihaknya untuk sementara waktu menghentikan pencarian terhadap Rian. Pasalnya, lokasi pencarian dalam kondisi cuaca ekstrem.

"Pencarian terhadap satu orang pendaki yang dikabarkan meninggal atas nama Rian kami hentikan untuk sementara waktu. Cuaca dititik pencarian tidak memungkinkan karena cuaca buruk," kata dia.

Ia mengaku tim SAR gabungan akan melanjutkan pencarian terhadap Rian yang diperkirakan hilang di pos 7 akan dilakukan pukul 06.00 Wita, Kamis (19/8).

"Kami bersama TNI dan Polri akan melakukan pencarian lagi besok pukul 06.00 Wita," ucapnya.

Baca juga:
Kronologi Pendaki Meninggal di Gunung Bawakaraeng Sulsel
Pendaki Meninggal Dunia di Gunung Bawakaraeng Bertambah Jadi 2 Orang
Diduga Alami Hipotermia, Seorang Pendaki Meninggal di Gunung Bawakaraeng
Kelelahan, Lima Pendaki di Gunung Agung Dievakuasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini