KPU kembalikan dana hibah Rp 57 miliar sisa Pilgub ke Pemprov Kaltim

Rabu, 24 Oktober 2018 01:02 Reporter : Saud Rosadi
KPU kembalikan dana hibah Rp 57 miliar sisa Pilgub ke Pemprov Kaltim Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pilgub Kalimantan Timur yang digelar serentak 27 Juni 2018 lalu, menghabiskan dana hampir Rp 260 miliar, dari total anggaran Rp 310 miliar yang dikantongi KPU Kalimantan Timur. Sisanya sekitar Rp 50 miliar, segera dikembalikan KPU Kalimantan Timur, ke Pemprov Kaltim.

"Kita akan kembalikan sisa (dana hibah) Rp 57 miliar," kata Sekretaris KPU Kalimantan Timur, Syarifuddin Rusli, saat bicara dalam Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang evaluasi pemberitaan media massa, pada Pilgub Kaltim, di hotel Bumi Senyiur, Jalan Pangeran Diponegoro, Samarinda, Rabu (23/10).

Rusli menerangkan, KPU Kaltim berhasil melakukan efisiensi dengan baik, saat pelaksanaan Pilgub Kaltim. Baik itu sejak awal tahapan, hingga penetapan pasangan terpilih.

"Juga cukup terbantu dengan Pilkada Bupati Penajam Paser Utara, yang digelar bersamaan dengan Pilgub Kaltim," ujar Rusli.

Dalam kesempatan itu, komisioner KPU Kalimantan Timur Ida Farida menerangkan, diantaranya KPU Kaltim juga melakukan kerjasama dengan media massa, cetak maupun elektronik, sejak awal tahapan Pilgub Kaltim hingga selesai. Misal, untuk urusan sosialisasi dan publikasi. "Anggarannya sekitar Rp 2 miliar," sebut Ida.

Selama Pilgub sendiri, Bawaslu Kaltim juga berperan aktif mengawasi jalannya proses Pilgub Kaltim hingga selesai. "Komunikasi kami bersama dengan media, terbangun dengan baik. Tentu tantangan kedepan, pada pemilu 2019, lebih besar lagi," demikian komisioner Bawaslu, Hari Darmanto. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini