KPK Harap Jokowi Tunjuk Dewan Pengawas yang Berintegritas

Selasa, 10 Desember 2019 20:49 Reporter : Merdeka
KPK Harap Jokowi Tunjuk Dewan Pengawas yang Berintegritas Saut Situmorang. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang berharap dewan pengawas yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah orang-orang yang memiliki integritas.

"Sederhana, satu kata, integritas saja. Jadi integritas itu kan semuanya pasti ada nilai-nilai di situ, berani, orang-orang jujur, orang yang sederhana, orang-orang yang kerja keras, dan seterusnya," ujar Saut di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/12).

Saut khawatir jika dewan pengawas yang dipilih Jokowi tak memiliki integritas, maka kinerja KPK akan semakin memburuk. Menurut Saut, jika dewan pengawas memiliki integritas, maka lembaga antirasuah akan semakin baik.

"Jadi kalau integritasnya terganggu ya, lagi-lagi dengan asumsi undang-undang-nya masih yang sekarang ya, artinya kalau itu undang-undang pun seperti itu jeleknya, kalau dilaksanakan dengan baik, itu bisa menjadi lebih baik," kata Saut.

1 dari 1 halaman

Yakin Pada Jokowi

Saut mengaku, dirinya masih yakin jika Jokowi akan mengangkat dewan pengawas yang konsen dengan pemberantasan tindak pidana korupsi meski dalam pemilihan tak melibatkan KPK.

"Sejauh yang saya pahami, saya pikir mereka pasti punya instrumen, dan punya alat untuk menyaring orang-orang yang seperti yang dikehendaki, yang berintegritas, punya portofolio bagus dan memiliki integritas yang bagus," kata Saut.

Sebelumnya, Jokowi mengaku sudah mengantongi nama-nama yang akan menjadi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sesuai UU Nomor 19 Tahun 2009 tentang KPK, dewan pengawas periode pertama akan dipilih langsung oleh Jokowi.

Meski begitu, Jokowi tak merinci siapa saja sosok yang akan menjadi Dewan Pengawas lembaga antirasuah itu. Nantinya, dewan pengawas akan diumumkan bersamaan dengan pelantikan Komisioner KPK periode 2019-2023 pada Desember 2019.

"Sudah (nama-namanya), tapi belum (diumumin)," ucap Jokowi di Hotel Mulia Senayan Jakarta.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
KPK Bakal Patuhi UU Hasil Revisi, Termasuk Soal Dewan Pengawas
Menanti Siapa Dewan Pengawas KPK Pilihan Jokowi
DPR Desak Jokowi Segera Pilih Dewan Pengawas KPK
Presiden Jokowi Masih Jaring Calon Dewan Pengawas KPK
Tak Mau Dianggap Provokasi, Penasihat Tsani Annafari Minta Pegawai KPK Jangan Mundur
Jabatannya Hilang di UU Baru, Tiga Penasihat KPK Resmi Mundur

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini