Komjen Syafruddin dilantik jadi Menpan RB di Istana besok pukul 10.00 WIB

Selasa, 14 Agustus 2018 23:22 Reporter : Rizky Andwika
Komjen Syafruddin dilantik jadi Menpan RB di Istana besok pukul 10.00 WIB Wakapolri tinjau Stasiun Gambir. ©2018 Liputan6.com/Yunizafira Putri

Merdeka.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo membenarkan Wakapolri Komjen Pol Syafruddin akan menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri.

Undangan pelantikan telah disebar ke sejumlah pejabat negara termasuk ke politisi yang akrab disapa Bamsoet itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Syafruddin di Istana Negara, Jakarta pada pukul 10.00 WIB.

"Ya benar (Syafruddin jadi Menpan RB). Saya baru mendapat kabar dari kantor besok pagi jam 10 ada undangan pelantikan Menteri kabinet kerja sisa jabatan 2014-2019 oleh Presiden RI di Istana Negara," kata Bamsoet saat dikonfirmasi, Selasa (14/8).

Politikus Partai Golkar itu mengatakan kemungkinan besar dirinya akan menghadiri pelantikan Syafruddin sebagai Menpan RB tersebut. "Insya Allah hadir," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi membenarkan Komjen Syafruddin merupakan calon terkuat untuk menjadi Menpan RB.

"Salah satu nama yang kuat menggantikan Menpan RB adalah pak Syafruddin," kata Johan.

Asman mundur dikarenakan partainya Partai Amanat Nasional (PAN) tak mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Diketahui, PAN memutuskan mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Saya menyampaikan kembali niat baik saya untuk mengurangi beban presiden agar kehadiran saya (di Kabinet) ini tidak jadi beban beliau," kata Asman dalam konferensi pers di Kemenpan RB, Jl Sudirman, Jakarta, Selasa (14/8).

Menurut Asman, Jokowi menerima permintaan dirinya yang hendak mengundurkan diri tersebut. Mantan Wakil Ketua Komisi VI DPR ini mengatakan Jokowi dapat memahami bahwa keputusan ini diambil karena partainya memilih mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019.

"Alhamdullilah presiden dengan sedih menerimanya. Beliau menyampaikan kinerja saya yang saya persembahkan cukup memberi nilai positif ke beliau," katanya. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini