KM Swarna Cakra Angkut 194 Penumpang Kandas saat Berlabuh di Karangasem

Minggu, 26 Mei 2019 16:00 Reporter : Moh. Kadafi
KM Swarna Cakra Angkut 194 Penumpang Kandas saat Berlabuh di Karangasem Kapal di Karangasem kandas. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapal Motor Penumpang (KMP) Swarna Cakra yang membawa 194 penumpang kandas sekitar 400 meter arah timur Dermaga Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu (26/5).

Sebelumnya KMP Swarna Cakra berangkat dari pelabuhan Lembar Lombok pukul 00.15 WITA. Rencananya kapal tersebut akan berlabuh di pelabuhan Padangbai sekitar pukul 08.00 WITA. Namun, sebelum memasuki pelabuhan kapal terbawa arus di perairan dangkal dan kandas.

"Proses evakuasi berlangsung sekitar 5 jam lebih, semua penumpang dan ABK berhasil dievakuasi sekitar pukul 12.45 WITA, selanjutnya kapal sudah bisa ditarik menuju dermaga oleh tugboat Pertamina Depo Manggis," kata Kepala Kantor Basarnas Bali Hari Adi Purnomo saat memberikan keterangan, Minggu (26/5).

Ia juga menegaskan, bahwa seluruh penumpang dan anak buah kapal (ABK) selamat. Adi, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur SAR yang terlibat dalam proses evakuasi penumpang KMP Swarna Cakra.

Sementara Kepala Seksi Operasi Basarnas Bali, I. B Surya Wirawan menerangkan, dalam upaya evakuasi penumpang, Basarnas mengerahkan 2 Rigid Inflatable Boat (RIB) dibantu beberapa speed boat dan perahu nelayan.

"Saat ini seluruh penumpang sudah dikumpulkan di ruang tunggu Pelabuhan Padangbai," ujarnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Kapal
  2. Kapal Tenggelam
  3. Karangasem
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini