Ketimbang Gabung Bogor Raya, Wali Kota Bekasi Usul Dirikan Provinsi Pakuan Bhagasasi

Jumat, 16 Agustus 2019 17:26 Reporter : Adi Nugroho
Ketimbang Gabung Bogor Raya, Wali Kota Bekasi Usul Dirikan Provinsi Pakuan Bhagasasi Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, ketimbang bergabung dengan pemerintah daerah Bogor Raya yang digagas Bupati Bogor Ade Yasin dan Wali Kota Bogor Bima Arya, lebih baik membuat provinsi baru bernama Pakuan Bhagasasi.

"Dalam sejarah Bekasi dulu itu Bhagasasi. Kalau pakuan dulu itu kerajaan. Pajajaran pusatnya di Bogor, kalau di Bekasi ada Raja Purnawarman (Kerajaan Tarumanegara). Kalau mau Pakuan Raya atau Pakuan Bhagasasi," kata Rahmat Effendi usai sidang paripurna istimewa HUT RI ke-74 di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Jumat (16/8).

Ia menilai, jika dilihat dari sejarah kerajaan yang berdiri pada tahun 450 masehi, maka Bekasi lebih tua dari Bogor. Karena itu melalui sejarah itu pula bisa dibuat Provinsi Pakuan Bhagasasi bisa mencakup Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Karawang Purwakarta, sampai Cianjur atau sejajar Pantai Utara Jawa sesuai dengan sejarahnya.

"Tinggal lihat historis sejarahnya saja," lanjut dia.

Meski memiliki gagasan sendiri, Rahmat tidak mau dianggap serius ihwal gagasannya tersebut. Sebagai Wali Kota Bekasi, Rahmat mengaku ingin fokus bekerja melayani masyarakat.

"Kita mah wali kota kerja saja dulu," ucap Rahmat.

Adapun perihal gagasan Wali Kota Bogor dan Bupati Bogor tentang Provinsi Bogor Raya merupakan hal yang wajar. "Pada intinya kalau untuk mempercepat proses kesejahteraan, pembangunan, sah-sah saja," kata dia. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Bekasi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini