'Kesadaran Bela Negara Harus Terus Ditumbuhkan agar RI Makin Kuat'

Jumat, 21 Desember 2018 00:00 Reporter : Mardani
'Kesadaran Bela Negara Harus Terus Ditumbuhkan agar RI Makin Kuat' Bendera Merah Putih berkibar di lereng Gunung Lawu. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Kesadaran bela negara segenap warga bangsa Indonesia harus ditumbuhkan agar negara ini semakin kuat. Namun, pemerintah tidak perlu memonopolinya, cukup memberikan rambu-rambu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

"Mengenai bentuk kegiatan, metode, dan cara-cara bela negara serahkan saja ke elemen-elemen masyarakat," kata pakar psikologi politik Hamdi Muluk dilansir Antara, Kamis (20/12).

Menurutnya, yang terpenting adalah membangkitkan dan mendorong kreativitas masyarakat agar memiliki rasa cinta terhadap bangsanya dan terbentengi dari hal-hal negatif.

Dia mengatakan di zaman sekarang ancaman terhadap kedaulatan negara lebih banyak datang dalam bentuk ekonomi, politik, kebudayaan, teknologi, energi, pangan dan sebagainya. Untuk itu, masing-masing anak bangsa harus ikut berkontribusi sesuai dengan peran dan kemampuannya dalam seluruh sektor.

"Perkuat dulu di dalam, baru setelah itu kita bisa punya daya tawar dalam hubungan luar negeri," ujar anggota kelompok ahli Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini.

Di sisi lain, menurut Hamdi, faktor-faktor yang bisa melemahkan persatuan bangsa juga harus dihindari. Di bidang politik, misalnya, politik identitas yang membawa-bawa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) harus dilawan.

"Sebagai bangsa, kita punya kelemahan yang agak krusial," kata Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia ini.

Pertama, katanya, kurangnya rasa saling percaya sesama anak bangsa, selalu mudah curiga, apalagi kalau dibawa ke faktor SARA. Kedua kepedulian, dan ketiga kurang punya etika publik terkait hak dan kewajiban sebagai warga negara.

"Kelemahan ini yang harus diatasi supaya semangat bela bangsa bisa diletakkan dalam tiga aspek ini," katanya. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Bela Negara
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini