Kenalkan songket Sriwijaya, 3 mahasiswa Palembang daki gunung Elbrus

Senin, 30 Juli 2018 21:38 Reporter : Irwanto
Kenalkan songket Sriwijaya, 3 mahasiswa Palembang daki gunung Elbrus 3 Mahasiswa Palembang daki Gunung Elbrus. ©2018 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Tiga mahasiswa pecinta alam Alfeyda (Mapala Alfeyda) Universitas Muhammadiyah Palembang berencana menggelar ekspedisi ke gunung Elbrus Rusia. Misi utamanya adalah mengibarkan dan mengenalkan kain songket Sriwijaya di Eropa.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Riza Husin, Faldi Riswandi, dan Riki Andriansyah. Mereka adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Riza Husin mengungkapkan, pendakian ke salah satu gunung tertinggi di dunia itu mengusung tema 'Songket Sriwijaya Menyapa Eropa'. Mereka juga membawa misi pertukaran budaya dan pendataan muslim di kaki gunung Elbrus.

"Kami akan menjadi yang pertama membawa nama songket ke Elbrus. Kami ingin kibarkan dan kenalkan songket Sriwijaya ke Eropa," ungkap Riza, Senin (30/7).

Dikatakan dia, mereka bertiga akan berangkat ke Rusia pada 1-16 Agustus 2018. Selama sebulan terakhir, para pendaki ini melakukan training center dengan berbagai latihan fisik dan pematangan materi kegunungan.

"Insya Allah secara fisik dan mental kami sudah siap. Lusa langsung terbang ke Rusia," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, mereka sukses mengibarkan songket di tujuh puncak gunung di Indonesia. Seperti gunung kerinci, bukit raya Kalimantan, Semeru, Binaya Maluku, Rinjani, Latimojong dan terakhir puncak Cartenz di Papua.

"Kami ingin songket Sriwijaya juga berkibar di Eropa karena kami bangga dengan warisan leluhur itu," ujarnya. [rzk]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini