Kasus Novel Baswedan Belum Juga Diungkap, Jokowi Didesak Bentuk TGPF Independen

Rabu, 4 Desember 2019 14:09 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kasus Novel Baswedan Belum Juga Diungkap, Jokowi Didesak Bentuk TGPF Independen Novel Baswedan jadi pembicara di Gathering Nasional Turuntangan. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Independen setelah tim teknis Polri belum juga mengungkap pelaku penyiraman air keras Novel Baswedan.

Pembentukan TGPF Independen dinilai PKS menunjukkan keseriusan pemerintah mengusut kasus tersebut menyusul tenggat diberikan Presiden Jokowi terhadap tim teknis Polri belum juga menemui hasil.

"Sudah sangat layak TGPF ini yang terdiri dari teman-teman yang independen dibentuk ini untuk menunjukkan keseriusan pemerintah untuk menuntaskan kasus ini," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/12).

Mardani menilai Polri memalukan jika gagal mengungkap teror fisik terhadap Novel Baswedan. Dia menyebut negara abai jika kasus Novel Baswedan tak kunjung terungkap.

"Dua tahun lebih ini sebetulnya memalukan, dan kami sedih," kata Mardani.

Mardani mengimbau Presiden Jokowi dan aparat hukum serius menangani kasus tersebut. Dia mengatakan, kalau memang ada kesalahan di internal aparat, dibuka saja.

"Jangan ada yang ditutupi buka saja, kalau memang ada kesalahan internal kita akui dan kita tindaklanjuti begitu," kata dia.

1 dari 1 halaman

Tunggu Penjelasan Kapolri Idham Aziz

Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman sempat menyampaikan bahwa Presiden Jokowi tidak mengetahui perkembangan kasus Novel Baswedan. Hal itu lantaran belum menerima laporan dari Kapolri Jendral Idham Azis.

Mantan aktivis ini juga menolak berkomentar soal apa langkah yang akan diambil Jokowi bila kepolisian tak bisa mengusut tuntas kasus Novel. Dia hanya menegaskan, Jokowi belum menerima laporan terbaru dari Idham Azis.

"Belum ada (laporan) sih, belum ada sih. Makanya tanyakan saja ke Pak Idham, apakah ada rencana melaporkan atau apa," ucapnya.

Soal itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Argo Prabowo Yuwono mengatakan, pihaknya tidak menerima permintaan perkembangan hasil kasus Novel Baswedan dari Jokowi.

"Enggak ada itu," tutur Argo di Mako Polairud, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu (4/12). [gil]

Baca juga:
Menko Mahfud soal Deadline Kasus Novel: Tanya ke Polri
Kasus Sudah Deadline, Novel Baswedan Tagih Penjelasan Kapolri
Polri Belum Terima Permintaan Laporan Perkembangan Kasus Novel dari Jokowi
DPR Tagih Penuntasan Kasus Novel, Kapolri Janjikan Perkembangan Signifikan
Blak-Blakan, Novel Baswedan Sebut Dewi Tanjung Tak Logis Sendirian 'Menyerangnya'
Jabatan Kabareskrim Kosong, Wakabareskrim Ambil Alih Kasus Novel Baswedan
Istana Tunggu Laporan Kapolri Soal Perkembangan Kasus Novel Baswedan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini