Kalung yang dipakai pelaku jadi kunci ungkap penusukan Hermansyah

Kamis, 13 Juli 2017 18:10 Reporter : Ronald
Kalung yang dipakai pelaku jadi kunci ungkap penusukan Hermansyah Rilis penusukan Hermansyah. ©2017 merdeka.com/ronald

Merdeka.com - Selain pelat nomor mobil yang dipakai pelaku asli, keterangan istri dari ahli IT Hermansyah, Irina membuat pihak kepolisian berhasil meringkus para pelaku penusukan dengan cepat. Menurut Kapolda Metro Jaya, Irjen Mochamad Iriawan, Irina menyebutkan‎ kalau pelaku memakai kalung yang identik dari suku salah satu di Indonesia.

"Kalau ciri-ciri orang pakai kalung, pasti dari kelompok ini. Kemudian kami tahu, kalau ke wilayah itu, kami tahu itu kelompok manan dari suku mana," ujarnya di Polda Metro Jaya, Kamis (13/7).

Selain itu, lanjut Iriawan, keterangan para saksi lain yang melihat langsung kejadian memperkuat peristiwa tersebut. "Hal ini diperkuat dengan keterangan dari petugas pembangunan LRT (Light Rapid Transit) yang pernah melihat pelaku," katanya.

Sementara itu, Kapolres Depok Kombes Herry Heriawan menjelaskan, penangkapan ini bermula dari adanya informasi dari istri korban. Polisi kemudian membuat sketsa wajah pelaku.

"Setelah kami analisa dalam sketsa wajah itu berdasarkan keterangan korban. Kan bisanya sketsa itu 60 sampai 70 persen, kemudian yang menguatkan itu keterangan istri itu, bahwa satu pelaku (Edwin Hitipeuw) menggunakan kalung," kata Herry.

Herry melanjutkan, dari informasi itu polisi langsung menelusuri pintu-pintu tol tersebut hingga ke Bogor.

‎"Jadi ciri-cirinya itu kemudian kami kaitkan dengan kelompok orang yang di sekitaran pintu tol. Nah, keluaran pintu tol itu kan sampai ke Bogor ada tol Cijago yang sebagian tinggal di Cipayung dan kota Depok. Itu kami fokuskan lagi," ucapnya.

Satu hari setelah penusukan, kata Herry, polisi sudah melakukan napak tilas di sekitar TKP dan mencari fakta-fakta yang ada soal jejak para pelaku.

"Sehari sebelum kami ungkap, Kasat Reskrim Jaktim dan Kasat Jatanras itu napak tilas di TKP bahkan kecepatan mobil diukur. Semua kami rangkai, hingga tahu siapa pelakunya," tandas Herry. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini