Jokowi sentil Menteri Siti Nurbaya soal program penanaman 1 juta pohon

Sabtu, 9 Desember 2017 13:13 Reporter : Purnomo Edi
Jokowi sentil Menteri Siti Nurbaya soal program penanaman 1 juta pohon Menteri Siti Nurbaya - Presiden Jokowi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Program penanaman pohon yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendapat kritikan dari Presiden Jokowi, Sabtu (9/12). Kritikan ini disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di acara Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017 yang digelar di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.

Dalam sambutannya Jokowi mengkritisi angka-angka penanaman pohon yang dilakukan oleh pemerintah. Jokowi menilai angka-angka yang dicanangkan dalam gerakan penanaman pohon hanyalah formalitas saja.

"Biasanya tiap tahun kita melihat hari menanam pohon yang ditanam 1 miliar pohon. 1 juta pohon. Tapi saya hitung sampai puluhan tahun enggak ada pohonnya," ujar Jokowi.

Jokowi menuturkan selama ini laporan yang masuk selalu disampaikan ada penanaman miliaran pohon. Tetapi pada kenyataannya yang berhasil hidup jumlahnya tidak banyak.

"Angka itu, satu juta, satu miliar (pohon itu) apa? Saya lebih senang angka-angka yang real," tegas Jokowi.

Jokowi pun meminta agar petugas rutin melakukan pemeliharaan dan mengecek pada pohon-pohon yang ditanam. Ini perlu dilakukan agar pohon yang sudah ditanam tidak mati dan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Bertahun-tahun anggaran kita (menanam pohon) habis. Mana yang sudah hijau?" urai Jokowi. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini