Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Percepat Realisasi Belanja dan Bantuan Sosial

Senin, 19 Juli 2021 23:38 Reporter : Merdeka
Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Percepat Realisasi Belanja dan Bantuan Sosial Presiden Jokowi. ©Istimewa

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti percepatan realisasi belanja daerah dan bantuan sosial pada rapat terbatas bersama seluruh kepala daerah di Indonesia, Senin (19/7).

Menurut Jokowi, tiap kepala daerah seharusnya dapat memaksimalkan belanja daerah dan bantuan sosial itu untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Terutama yang berkait dengan bantuan UMKM, dana bantuan sosial, dan Dana Desa. Berdasarkan data yang diterima, anggaran UMKM untuk seluruh daerah ada Rp13,3 triliun, sementara yang tersalurkan baru Rp2,3 triliun," ujar Jokowi saat rapat yang berlangsung daring siang hari ini dan disiarkan ke jejaring sosial media pada malam harinya.

Jokowi meyakini dana yang telah disiapkan pemerintah melalui anggaran belanja daerah sangat dibutuhkan rakyat saat situasi seperti sekarang. Karena itu, Jokowi mendorong tiap-tiap kepala daerah untuk bisa segera melakukan pencairan.

"Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu. Sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan. Perlindungan sosial ada anggaran, di catatan saya Rp12,1 triliun. Realisasi juga baru Rp2,3 triliun. Belum ada 20 persen semuanya. Padahal rakyat menunggu ini," harap Jokowi.

Begitu pula dengan Dana Desa, Jokowi mencatat jumlah totalnya mencapai Rp72 triliun. Dari jumlah itu, Rp28 triliun dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Namun sesuai laporan yang diterima Jokowi, realisasi yang sudah disalurkan baru mencapai Rp5,6 triliun atau kurang dari 25 persennya.

"Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat," tandas Jokowi.

Sumber: Liputan6.com.
Reporter: M Radityo. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini